FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 10-2021

    737

    Koran Berlogo KPK Lakukan Pemerasan, Itu Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo  - Dalam media sosial Facebook beredar konten unggahan yang membagikan 5 buah foto berupa tampilan depan surat kabar cetak atau koran.  Dua di antaranya mengklaim bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki atau menerbitkan koran tersebut, karena dua logo koran tersebut sangat identik dengan logo KPK namun dengan akronim Koran Pengawas Korupsi dan Koran Pembasmi Korupsi.

    Konon, dalam pemberitaan lain disebutkan bahwa salah satu dari surat kabar cetak atau koran tersebut diduga melakukan tindakan pemerasan.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta surat kabar cetak atau koran yang menggunakan logo KPK tersebut bukan merupakan koran yang diterbitkan oleh KPK.

    Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menerbitkan surat kabar.  “Koran tersebut memang beredar dengan logo mirip persis dengan logo KPK menyebar di wilayah Jakarta,”  ungkap Ali Fikri seperti yang dilaporkan dari medcom.id.

    Surat kabar dengan logo KPK digunakan untuk melakukan pemerasan kepada pihak tertentu.  KPK memang memiliki media sendiri bernama Majalah Integrito yang berbentuk cetak dan online untuk memberitakan kegiatan lembaga.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Sabtu (23/10/2021) :

    Berita Terkait

    Video Kerusakan Parah Akibat Gempabumi Tuban? Itu Keliru!

    Ternyata, video yang memperlihatkan kerusakan rumah dan jalan itu merupakan kejadian akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur yang terjadi pad Selengkapnya

    Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina? Itu Disinformasi!

    Konon pemberangkatan pasukan TNI tersebut dikaitkan dengan perang yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina. Selengkapnya

    Sejuta Ton Beras Sintetis Beracun Asal Cina Beredar di Bukittinggi, Awas Disinformasi!

    Barang yang dibongkar dari kapal adalah beras yang diimpor oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) dari Vietnam, bukan Cina. Selengkapnya

    Bahaya Vaksin Covid-19 pada Organ Jantung Manusia, Itu Disinformasi!

    Klaim yang menyebutkan bahaya Vaksin Covid-19 pada organ jantung manusia adalah tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA