FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 10-2021

    308

    Ada Uang Koin 100 Ribu Tahun 2021? Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo – Unggahan video yang menayangkan uang pecahan Rp100.000 dalam bentuk koin beredar di media sosial TikTok. Konon, dalam unggahan itu dijelaskan uang koin itu merupakan terbitan tahun 2021.

    Koin berwarna emas yang ditampilkan dalam unggahan tersebut tampak terdapat lambang garuda dengan keterangan tahun 2021-2030 dan terdapat tulisan Bank Indonesia.

    Bahkan, pengunggah juga menarasikan uang keluaran tahun 2021 tersebut diterbitkan oleh Bank Indonesia dalam video tersebut.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika, menemukan informasi dari Direktur Komunikasi Bank Indonesia Junanto Herdiawan. Menurutnya, informasi dalam video itu tidak benar.

    Bank Indonesia diketahui memang sempat menerbitkan uang khusus Rp100.000. Namun uang tersebut telah dicetak pada tahun 1974 dan kini tak lagi berlaku.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Minggu (17/10/2021):

    [HOAKS] Pecahan Uang Koin Rp100.000 Tahun 2021

    [HOAKS] Pilot Pesawat Delta Air Lines Meninggal setelah Divaksinasi Kedua di Tengah Penerbangan

    [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Kemitraan Pertamina

    [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Bupati Blora Jawa Tengah

    Berita Terkait

    Video Gempa Banten 14 Januari 2022? Awas Disinformasi!

    Kabar tersebut terbantahkan dengan adanya lapoaran yang dikutip dari cek fakta liputan6.com, video tersebut merupakan rekaman peristiwa gemp Selengkapnya

    Booster Vaksin Covid-19 Tiap 6 Bulan Sekali? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com, informasi yang menyebut bahwa booster vaks Selengkapnya

    Pemadaman Listrik di Wilayah Indonesia, Awas Hoaks!

    Konon, dalam unggahan itu terdapat keterangan mengenai daftar dan jadwal pemadaman listrik akibat krisis pasokan batu bara. Selengkapnya

    Ukuran KK Terbaru Seperti KTP? Awas Hoaks!

    Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri saat ini memang telah memberikan inovasi pelayanan cetak Kartu Keluarga online secara mandiri di rum Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA