FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 10-2021

    1185

    Prestasi PON Papua Bukti Kemajuan, Siap Lanjut Gelaran Peparnas

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Jayapura, Kominfo - Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX yang digelar di Bumi Cendrawasih telah berakhir. Atlet yang telah bertanding dan membukukan prestasi menjadi bukti Bangsa Indonesia mampu mencetak prestasi di level nasional dan kancah internasional kelak.

    Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyatakan prestasi-prestasi yang telah diukir para atlet di ajang PON XX Papua menunjukkan kemajuan pembinaan keolahragaan nasional.

    "Mulai dari pembukaan (PON), pertandingan, semuanya berjalan lancar. Yang terpenting lagi prestasi-prestasi atlet kita menunjukkan bahwa ada kemajuan dalam pembinaan keolahragaan di Indonesia walaupun sekarang masih dalam keadaan pandemi Covid-19," ujarnya usai menghadiri Penutupan PON XX Papua, di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021).

    Menko PMK hadir pada penutupan PON XX mendampingi Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Estu Handayani. Menurut Menko Muhadjir,  pelaksanaan PON XX Papua hingga penutupan berjalan lancar dan baik. Oleh karena itu, Menko PMK mengharapkan keberhasilan itu berlanjut ke Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) akan berlangsung  2 s.d. 15 November 2021.

    "Terus kita akan melanjutkan kegiatan atau event berikutnya yaitu Peparnas yang juga akan dilaksanakan di Papua ini," tutur Muhadjir. 

    Menko Muhadjir menyatakan penyelenggaraan PON XX Papua juga akan dievaluasi. Salah satu aspek yang menjadi perhatian yaitu kepatuhan terhadap disiplin protokol kesehatan terutama 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

    Menurutnya, penyelenggara maupun Satgas Covid-19 telah berupaya maksimal dalam mencegah kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terutama terkait penularan Covid-19 baik di lingkungan atlet dan official ataupun penonton, namun tentu ada saja kejadian minor yang tak terelakkan.

    "Semua pihak segera berkoordinasi untuk melakukan evaluasi terkait hal-hal terutama kejadian-kejadian yang memang di luar kemampuan kita, misalnya, penonton bola yang di atas 25% dan akhirnya hampir 100%. Meskipun, saya lihat mereka sangat disiplin memakai masker dan itu pun lebih dari cukup untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi," tandasnya.

    Penyelenggaraan PON XX Papua resmi dibuka pada tanggal 2 Oktober dan ditutup pada 15 Oktober 2021. Total cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan sebanyak 37 cabor dan 56 disiplin cabor dengan seluruh peserta berasal dari provinsi se-Indonesia.

    Hingga jelang penutupan, website official PON XX mencatat, perolehan medali terbanyak diraih Provinsi Jawa Barat dengan total 353 medali terdiri dari 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu. Di posisi kedua yaitu DKI Jakarta dengan total 301 medali (110 emas, 91 perak, 100 perunggu), sementara tuan rumah Papua berada di peringkat keempat dengan berhasil menyabet medali sebanyak 261 medali (93 emas, 66 perak, 102 perunggu).

    Ajang PON XX Papua juga digadang sebagai ajang pembuktian dan pengalaman Indonesia. Bahwasanya, dengan mengedepankan budaya gotong royong dan kerja sama yang baik seluruh komponen masyarakat, bukan mustahil sebuah event besar dapat sukses terlaksana meski diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan tetap menjaga ketertiban protokol kesehatan.

    "Terima kasih kepada seluruh masyarakat Papua yang telah menjadi tuan rumah yang baik dan menunjukkan implementasi nilai-nilai revolusi mental sehingga PON dapat terselenggara dengan tertib, aman, dan lancar," ungkap Menko PMK.

    Berita Terkait

    Presiden Ajak Umat Kristiani Perkuat Semangat Bersikap Moderat dalam Beragama

    Presiden mengatakan bahwa Indonesia harus terus memberikan contoh kepada dunia terkait keberagaman yang merupakan hukum alam yang tidak terh Selengkapnya

    Wapres Minta PMI Dapat Akses Layanan Terbaik

    Pemerintah Indonesia juga akan terus menjalin dan memperluas hubungan kerja sama yang baik dengan berbagai negara untuk memperluas potensi k Selengkapnya

    Wapres Pastikan Kesiapan KBRI Bratislava Selenggarakan Pemilu

    Wapres juga meminta dukungan kelancaran penyelenggaraan pemilu di KBRI luar negeri agar tidak ada tekanan dari pihak manapun, sehingga penye Selengkapnya

    Presiden Joko Widodo Lepas Bantuan Kemanusiaan ke Palestina

    Menurut Presiden, bantuan kemanusiaan tersebut merupakan wujud solidaritas dan kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA