FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 10-2021

    217

    Hirup Cuka Dapat Obati Covid-19? Awas Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo - Beredar informasi di media sosial yang mengklaim cuka dapat mengobati Covid-19. Konon, caranya ditunjukkan dengan menghirup cuka melalui hidung dan mulut sampai terbatuk. Cara tersebut juga diklaim akan dengan seketika mengembalikan indera rasa dan penciuman yang hilang.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari dari AFP. Menurut Dokter penyakit menular di Rumah Sakit Selayang Malaysia, Dr Anuradha P. Radhakrishnan, klaim bahwa cuka dapat digunakan untuk pengobatan atau pencegahan Covid-19 adalah tidak berdasar.

    Seorang dokter spesialis pengobatan pernapasan di Rumah Sakit Pantai Kuala Lumpur, Dr Helmy Haja Mydin juga menyebut menghirup cuka melalui mulut dan hidung justru dapat memicu bahaya secara langsung maupun tidak langsung.

    "Hal ini dikarenakan cuka mengandung asam asetat, yang jika terhirup dapat merusak saluran udara, rongga mulut, kerongkongan dan bahkan mata," jelasnya.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Jumat (15/10/2021):

    [HOAKS] Kasus Positif Covid-19 di Surabaya Naik

    [HOAKS] Menghirup Cuka Dapat Mengobati Covid-19

    [HOAKS] Surat Edaran tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Mengatasnamakan Kemendikbudristek

    [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Bupati Jember Hendy Siswanto

    [DISINFORMASI] Artikel Liputan6.com Berjudul "Anies Baswedan Masuk Daftar Sindikat Pencucian Uang Sebelum Kasus Formula E"

    [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Sekda Bengkulu Arif Gunadi

    Berita Terkait

    Video Gempa Banten 14 Januari 2022? Awas Disinformasi!

    Kabar tersebut terbantahkan dengan adanya lapoaran yang dikutip dari cek fakta liputan6.com, video tersebut merupakan rekaman peristiwa gemp Selengkapnya

    Ukuran KK Terbaru Seperti KTP? Awas Hoaks!

    Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri saat ini memang telah memberikan inovasi pelayanan cetak Kartu Keluarga online secara mandiri di rum Selengkapnya

    Bantuan Dana dari BPJS Rp125 Juta, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim yang mengatakan bahwa BPJS membagikan dana bantuan se Selengkapnya

    Tautan Penerima BLT UMKM Januari 2022, Awas Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari antaranews.com, tautan yang tersebar di Facebook itu d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA