FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 10-2021

    715

    [DISINFORMASI] Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Resmi Kedua di Vietnam

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan:

    Beredar sebuah informasi di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi kedua di Vietnam.

    Faktanya, Duta Besar RI untuk Vietnam Denny Abdi menjelaskan, bahasa Indonesia bukan bahasa resmi kedua di Vietnam. Ia mengatakan, bahasa resmi Vietnam hanya bahasa Vietnam. Klaim bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi kedua di Vietnam diduga berasal dari pernyataan Konsulat Jenderal RI di Ho Chi Minh City pada 2009. Sebagaimana yang diberitakan kompas.com, pada 12 Juni 2009, Konsul Jenderal RI pada saat itu mengatakan bahwa bahasa Indonesia sejajar dengan sejumlah bahasa asing seperti Jepang, Perancis, dan Inggris sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan di Ho Chi Minh City. Terkait pernyataan Konsul Jenderal RI tersebut, Denny menjelaskan bahwa makna bahasa Indonesia "diprioritaskan" bukan berarti bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi di Vietnam maupun di Ho Chi Minh City.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

     

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Pemerintah Indonesia Paksakan Booster Vaksin Covid-19 kepada Publik

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Pesan Berantai “warga china dikasih kesempatan jadi PNS, padahal rakyat Indonesia sendiri masih banyak nganggur”

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Omicron Bukan Varian Baru karena WHO sudah Mendeteksi pada 2020

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Pejabat Bulgaria Meninggal setelah Mendapat Booster Vaksin Covid-19

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA