FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 10-2021

    324

    Presiden Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Jakarta Timur, Kominfo - Presiden RI Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Jumat (01/10/2021). Jalannya upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo. Selanjutnya, Inspektur Upacara memimpin peserta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para Pahlawan Republik Indonesia yang telah gugur.

    Rangkaian acara berikutnya, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti membacakan naskah Pancasila. Sementara Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh MPR Bambang Soesatyo.

    Adapun, Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani naskah Ikrar dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membacakan doa yang menjadi penutup rangkaian acara.

    Upacara juga dihadiri secara langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo,  Wakil Presiden dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

    Sebelum meninggalkan tempat upacara, Presiden RI dan Wakil Presiden RI sejenak mengunjungi Monumen Pancasila Sakti, tampak mendampingi Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, dengan diiringi lantunan lagu Gugur Bunga dan Garuda Pancasila oleh paduan suara Purwacara Music Studio dan 27 pelajar SMK 2 Cibinong Orkestra dengan konduktor Purwacaraka.

    Selain itu, upacara diikuti juga secara virtual antara lain oleh para menteri, pimpinan lembaga negara/instansi pusat, serta keluarga pahlawan revolusi. Turut hadir secara virtual  kepala daerah/forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), serta kepala lembaga yang ada di daerah.

    Berita Terkait

    Presiden Minta Polri Turut Kawal Realisasi Investasi

    Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa motor penggerak pertumbuhan ekonomi nasional adalah investasi, bukan Anggaran Pendapatan dan Belanja N Selengkapnya

    Presiden: Tahun 2021 Indonesia Belum Pernah Impor Beras

    “Kita tahu bahwa tahun ini, tahun 2021 sampai hari ini kita belum melakukan impor beras sama sekali. Dan kenyataannya stok kita masih pada Selengkapnya

    Presiden Resmikan Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Jawa Timur

    Presiden berharap kehadiran dua bendungan ini akan meningkatkan produktivitas petani sehingga pendapatannya juga akan meningkat. Selengkapnya

    Meski Terkendali, Pemerintah Ingatkan Waspada dan Terapkan Prokes

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan ya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA