FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 09-2021

    2463

    Menkominfo Optimistis PON Papua Berlangsung Baik

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jayapura, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan optimistis penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan berlangsung dengan baik.

    "Hal ini karena Kominfo telah menyiapkan infrastruktur telekomunikasi dan komunikasi publik secara prima. Harapan PON berlangsung sukses dan dapat dinikmati oleh masyarakat,” ujarnya saat mengunjungi Media Center Kominfo PON Papua Klaster Jayapura, Papua, Kamis (23/09/2021).

    Menurut Menteri Johnny, dalam kunjungan kerja ke Papua kali ini ada dua agenda yang akan dilakukan dan kesemuanya berkaitan dengan penyelenggaraan PON XX 2021 Papiua. 

    "Pertama terkait tugas pokok dan fungsi Kominfo dalam akseslerasi digital, yaitu menindaklanjuti pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Papua. Kedua, terkait komunikasi publik pelaksanaan PON Papua," ungkapnya.

    Menkominfo mengapresiasi kerja Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) yang telah menyiapkan berbagai perangkat agar komunikasi publik berjalan dengan baik. "Diharapkan masyarakat menikmati pesta olahraga empat tahunan dengan kegembiraan yang bisa menyebar hingga seluruh pelosok," tuturnya..

    Menteri Johnny mengharapkan pelaksanaan PON XX Papua mencapai target yang diharapkan Presiden Joko Widodo, yaitu sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, dan sukses administrasi.

    “PON adalah etalase Papua dan Indonesia di lingkungan global. Kita bisa menyampaikan pada dunia bahwa kita bisa menyelenggarakan pesta olahraga di tengah pandemi dengan tetap mentaati protokol kesehatan,” tandasnya.

    Siapkan Media Center dan Microsite

    Dalam kunjungan itu, Menkominfo didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong. Menurut Dirjen Usman Kansong, pihaknya menyiapkan Media Center Kominfo PON Papua di tiga klaster, yaitu Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke. "Media Center tersebut dapat dimanfaatkan awak media peliput PON," jelasnya.

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo menyatakan pihaknya juga menyediakan microsite www.infopublik.id/ponpapua yang berisikan informasi terkait penyelenggaraan PON dan kondisi Papua secara umum.

    “Diharapkan teman-teman media terlebih yang tidak datang ke Papua, tetap bisa memperoleh informasi penyelenggaraan PON,” katanya.

    Media Center Klaster Kabupaten Jayapura bertempat di Ballroom Hotel Allison, dan telah beroperasi pada 20 September hingga 15 Oktober 2021. Working area mampu menampung 100 awak media.

    Sementara Media Center Kominfo PON Papua Klaster Kabupaten Mimika bertempat di Ballroom Hotel Mozza, beroperasi mulai 26 September hingga 15 Oktober 2021. Media center ini memiliki daya tampung 50 awak jurnalis.

    "Kominfo menyediakan Media Center Klaster Kabupaten Merauke yang bertempat di Gedung Perpustakaan Daerah Merauke. Operasional fasilitas ini mulai 20 September hingga 15 Oktober 2021 dengan memiliki daya tampung yang dapat mencapai 50 awak jurnalis dari media lokal di Kabupaten Merauke dan sekitarnya," tutur Dirjen Usman Kansong.

    Di setiap media center klaster tersedia ruang kerja yang dilengkapi perangkat komputer, mesin pencetak (printer), dan jaringan internet berkecepatan tinggi. Juga tersedia sarana konferensi pers. "Kami juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini untuk mendukung terlaksananya PON Papua yang sukses penyelenggaraan dan pengendalian Covid-19," jelas Dirjen IKP Kementerian Kominfo.

    Berita Terkait

    Capai 92 Persen, Kominfo Targetkan BBPPT Berkelas Dunia

    Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail menegaskan pembangunan akan rampung tahun ini dan menargetkan mendapat predikat World Class Testing Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Budi Arie Tiba di Kepulauan Riau

    Kunjungan Menkominfo Budi Arie untuk menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-90 di Kabupaten Bintan. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Terima Kunjungan Direksi Telkom Group

    Menkominfo Budi Arie Setiadi menerima Direksi Telkom Group yang dipimpin Direktur Utama Ririek Adriansyah. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA