FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 09-2021

    457

    [DISINFORMASI] Cina Tak Lagi Gunakan Vaksin Sinovac dan Indonesia telah Ditipu

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan:

    Beredar unggahan di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa Cina tidak lagi menggunakan vaksin Sinovac dan Indonesia telah ditipu menggunakan vaksin tersebut. Klaim itu beredar setelah otoritas Cina membolehkan penggunaan vaksin Pfizer/BioNTech pada bulan Juli lalu. Ditemukan juga beberapa narasi yang menganggap penggunaan vaksin Sinovac hanyalah bisnis belaka dan rakyat Indonesia hanya menjadi percobaan Cina dengan vaksin Sinovac yang mereka produksi.

    Berdasarkan hasil pemeriksaan fakta Tempo, klaim bahwa Cina tidak lagi menggunakan vaksin Sinovac dan Indonesia telah ditipu menggunakan vaksin tersebut adalah keliru. Rencana Cina menggunakan vaksin Pfizer/BioNTech adalah sebagai vaksin booster kepada warga yang telah mendapatkan dosis lengkap (dua suntikan). Namun rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan dari otoritas setempat. Cina selama ini menggunakan vaksin yang diproduksi di dalam negeri, termasuk Sinovac, untuk warganya. Hingga pekan kedua September, Cina telah memvaksin 1 miliar penduduknya, dari jumlah total 1,41 miliar warga.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Video Bayi Terlahir Cacat Akibat Vaksin Covid-19 di India

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Artikel Liputan6.com Berjudul "Anies Baswedan Masuk Daftar Sindikat Pencucian Uang Sebelum Kasus Formula E"

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Video Anthony Fauci Rencanakan Sebarkan Virus Influenza Baru

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Resmi Kedua di Vietnam

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA