FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 09-2021

    588

    Pemerintah Antisipasi Penyebaran Covid-19 Varian Mu

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Calon penumpang pesawat berjalan di area Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (12/08/2021). - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Pemerintah bergerak cepat mengantisipasi masuknya virus Covid-19 varian Mu ke tanah air dengan meningkatkan pengawasan di seluruh area pintu masuk ke Indonesia dari luar negeri.

    “Pemerintah bergerak cepat dan tepat untuk mengantisipasi masuknya Covid-19 Varian Mu atau B.1.621. Semua ini dilakukan agar Indonesia tidak mengalami gelombang ketiga Covid-19,” tutur Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, di Jakarta, Selasa (07/09/2021).

    Menurut Menkominfo pengawasan dilakukan di seluruh pintu masuk, seperti bandara dan pelabuhan. Pemeriksaan dilakukan dengan pendekatan whole genome sequencing kepada seluruh WNI atau WNA yang memiliki riwayat perjalanan ke negara dengan tingkat penyebaran Varian Mu tinggi, seperti Kolombia, Jepang, India, Hongkong, Ekuador. Whole genome sequencing merupakan upaya untuk mengetahui penyebaran mutasi virus SARS-Cov2 atau Covid-19.

    Hingga Senin (06/09/2021) Varian Mu dilaporkan telah ditemukan di 46 negara, namun varian ini belum ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

    "Hingga kini, WHO mengkategorikan Varian Mu sebagai variant of interest (Vol) atau varian yang perlu kajian lebih lanjut terkait dampak dalam penularan dan tingkat laju penularannya," jelas Menteri Johnny.

    Menkominfo menyatakan pemerintah mendorong seluruh pemangku kebijakan di daerah untuk mendukung pemeriksaan whole genome sequencing dengan mengirimkan sampel. Hal itu dilakukan untuk mempercepat proses analisis dan pemeriksaan.

    “Pemerintah minta masyarakat untuk tak terjebak euforia penurunan kasus harian Covid-19 dan pembukaan di beberapa sektor secara gradual, karena potensi masuknya varian baru tetap ada. Seluruh masyarakat Indonesia harus tetap waspada dan disiplin memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan serta menyegerakan vaksinasi bagi yang belum,” jelasnya.

    Berita Terkait

    John Cena Meninggal karena Covid-19, Itu Hoaks!

    Beredar konten unggahan di media sosial Facebook berisi informasi pegulat WWE, John Cena telah meninggal dunia karena terjangkit Covid-19. K Selengkapnya

    Menkominfo: Pemerintah Segerakan Vaksinasi Ibu Hamil

    Pemerintah memastikan ibu hamil mendapatkan proteksi lebih agar terhindar dari risiko terpapar dan kematian akibat COVID-19. Upaya tersebut Selengkapnya

    Menkominfo: Indikator Angka Kematian Covid-19 Tak Dihapus Tapi Dirapikan

    Pemerintah terus bekerja keras melakukan harmonisasi dan validasi data dari lapangan, terkait indikator yang digunakan untuk penilaian level Selengkapnya

    Dirjen IKP Bicara Tantangan Transformasi hingga Penanganan Pandemi Covid-19

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong menyatakan, transformasi sejarah perjalanan Kementerian Kominfo hingga penan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA