FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 08-2021

    1173

    Laporan Tahunan Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2020

    Kategori Laporan Tahunan | brosnan

    Besarnya laju pertumbuhan penduduk di Indonesia disertai kejadian luar biasa,
    yakni Pandemi COVID-19 mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta seluruh elemen bangsa untuk terus beradaptasi dan bergerak maju mengiati pandemi COVID-19. Pandemi yang turut memengaruhi kebutuhan masyarakat akan teknologi memotivasi Kementerian Komunikasi dan Informatika agar berperan aktif dalam meningkatkan Konektivitas Telekomunikasi Nasional melalui upaya pembangunan infrastruktur digital di seluruh wilayah Indonesia. Oleh sebab itu, Laporan Tahunan Kementerian Kominfo pada Tahun 2020 mengusung tema: "INDONESIA TERKONEKSI, SEMAKIN DIGITAL SEMAKIN MAJU"

    Pandemi ini turut memengaruhi berbagai rencana dan program di setiap Kementerian/Lembaga, salah satunya dengan melakukan refocusing dan realokasi anggaran, sehingga Kementerian Komunikasi dan Informatika memprioritaskan program dan penanganan di bidang fasilitas pelayanan kesehatan serta transformasi digital.

    Tujuan utama dari transformasi digital, agar manfaat besar dari sektor TIK dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Transformasi digital harus menghasilkan internet yang lebih cepat, masyarakat yang lebih cakap digital, memperkecil disparitas digital di Indonesia dengan kinerja yang kolaboratif, reformatif, dan transformatif, serta menjamin keamanan infrastruktur di ruang digital.

    Dalam upaya menjamin efektivitas dan keamanan infrastruktur ruang digital di Indonesia, dibutuhkan penciptaan ekosistem digital yang lebih produktif melalui penerbitan beberapa regulasi, serta didukung implementasi dan akselerasi transformasi digital dalam rangka meningkatkan internet link ratio di Indonesia.
    Hingga saat ini, Kementerian Kominfo sedang dalam proses metamorfosis menjadi kementerian yang fokus pada bidang telekomunikasi dan digital dimana kedua hal tersebut sudah menjadi infrastruktur dasar. Reposisi juga dilakukan kepada kegiatan komunikasi publik namun dengan fokus yang bergeser kepada peran mengorkestrasikan dan menyusun agenda setting.

    Mari, bersama kita menatap hari esok dengan tekad, semangat, dan memancang harapan baru akan Indonesia Digital, Indonesia Towards Digital Nations. Dan bersama kita songsong kebangkitan sektor telekomunikasi Indonesia dengan penuh optimisme, melaju pesat menjadi bangsa pemenang menuju bangsa digital yang gemilang dan penuh harapan.
    Laporan lebih lengkap dapat diunduh pada tautan berikut

    Berita Terkait

    Annual Report Ministry of Communication and Information Technology

    Selengkapnya

    Laporan Tahunan Kementerian Kominfo Tahun 2019

    Selengkapnya

    Laporan Tahunan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2019

    Selengkapnya

    Laporan Tahunan Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2018

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA