FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 07-2021

    753

    Dukung RDI, Menteri Johnny: Meriahkan Peringatan Kemerdekaan Lewat Platform Digital

    SIARAN PERS NO. 260/HM/KOMINFO/07/2021
    Kategori Siaran Pers
    Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate dalam Konferensi Pers Virtual tentang Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia dari Jakarta, Jumat (30/07/2021).

    Siaran Pers No. 260/HM/KOMINFO/07/2021

    Jumat, 30 Juli 2021

    Tentang

    Dukung RDI, Menteri Johnny: Meriahkan Peringatan Kemerdekaan Lewat Platform Digital

    Pemerintah menyiapkan platform digital untuk wadah Perayaan Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan agar berlangsung meriah meski di tengah pandemi Covid-19. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pandemi Covid-19 tidak menghalangi semangat bangsa Indonesia untuk merayakan hari kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang.

    “Rumah Digital Indonesia ini wujud ekspresi dan inovasi yang menunjukkan semangat peringatan kemerdekaan agar tetap menyala di tengah pandemi. Marilah kita rayakan ini secara bersama-sama dalam ruang digital sebagai manifestasi kemampuan masyarakat kita dalam beradaptasi dengan Covid-19, tetapi tetap semangat dan meriah merayakan 17 Agustus,” ujarnya dalam Konferensi Pers Virtual tentang Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia dari Jakarta, Jumat (30/07/2021).

    Menteri Johnny mengapresiasi keberadaan platform digital yang bisa mewadahi kemeriahan serta kegembriaan perayaan kemerdekaan secara virtual dan bisa dijelajahi para pengunjung secara online.

    “Karenanya, Rumah Digital Indonesia  menjadi gagasan yang cerdas, gagasan yang luar biasa. Mengapa demikian? Karena ini menjadi bagian penting yang secara khusus di dalamnya tersedia ruang untuk memungkinkan kegembiraan bagi masyarakat menyongsong dan menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 tahun,” ungkapnya.

    Menurut Menkominfo keberadaan Rumah Digital Indonesia menjadi salah satu bukti ketangguhan bangsa Indonesia dalam beradaptasi di tengah pandemi.

    “Rumah Digital Indonesia  merupakan wujud dari ketangguhan dan kecepatan Indonesia sebagai bangsa dan sebagai negara dalam beradaptasi terhadap keterbatasan yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19,” ungkapnya.

    Menteri Johnny menyatakan utilisasi platform digital menjadi bagian tak terpisahkan dari tugas Kementerian Kominfo. Menurutnya, hal itu sejalan dengan semangat untuk mendorong inovasi teknologi sebagai bagian dari solusi yang membawa manfaat bagi negeri, masyarakat dan bangsa.

    “Satu tarikan nafas yang sama dalam objektif dan tugas pokok Kominfo. Oleh karena itu, Kominfo mendukung penuh kegiatan ini. RDI adalah kecepatan adaptasi kita di dalam memanfaatkan teknologi digital, merayakan hari kemerdekaan kita, tetap mempertahankan nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme, tetapi sekaligus tersedia ruang untuk ekspresi kegembiraan,” tuturnya.

    Pelaksanaan rangkaian kegiatan virtual dalam Rumah Digital Indonesia berlangsung selama sebulan penuh mulai dari tanggal 1 s.d. 31 Agustus 2021. Pemilihan platform digital memungkinkan untuk mengundang masyarakat secara keseluruhan dengan meminimalkan kontak fisik guna mencegah penularan Covid-19.

    “Dapat merayakan kegembiraan dan kekhidmatan 17 Agustus dan bulan kemerdekaan itu sendiri. Namun demikian, apabila ada kontak fisik, setiap individu diwajibkan memakai masker ganda untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 sekaligus sebagai proteksi diri agar tidak tertular,” tutur Menkominfo.

    Menteri Johnny menegaskan inovasi dan produktivitas perlu terus ditingkatkan, khususnya di bidang digital. “Agar Indonesia semakin terkoneksi menuju Indonesia Digital, Indonesia Maju,” tandasnya.

    Konferensi pers yang disaksikan sekitar 8.900 pemirsa melalui kanal Yotube Kemkominfo TV dan Sekretariat Presiden itu juga menghadirkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Staf Khusus Presiden, Putri Tanjung.

    7 Program Utama

    Rumah Digital Indonesia merupakan kolaborasi bersama Kementerian Kominfo, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Kementerian Agama, serta Kementerian Luar Negeri.

    Acara pembukaan Rumah Digital Indonesia berlangsung pada 1 Agustus 2021 mulai pukul 15.00 WIB. Sementara itu, Puncak Perayaan kemerdekaan berlangsung tanggal 16 Agustus 2021 mulai pukul 19.00 WIB. Masyarakat di seluruh Indonesia dapat menyaksikan Rumah Digital Indonesia melalui laman rumahdigitalindonesia.id secara gratis mulai tanggal 1 s.d. 31 Agustus 2021.

    Dalam Rumah Digital Indonesia setiap pengakses dapat mengikuti event dan festival untuk memeriahkan Peringatan ke-76 Kemerdekaan Indonesia dengan tema"Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Perayaan secara digital itu pertama kalinya dihadirkan melalui arena virtual 360 di Indonesia dengan 7 program utama.

    Pertama, pembukaan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 1 Agustus 2021 yang dilanjutkan dengan Bincang Bangsa. Selanjutnya, pada 16 Agustus 2021 ada siaran langsung Upacara Detik-detik Proklamasi, Pidato Kenegaraan, Selebrasi Kemerdekaan, dan Komedi Lokal bersama tokoh publik.

    Kedua, Arena Lomba yang biasa berlangsung selama peringatan kemerdekaan. Mulai dari lomba makan kerupuk, balap karung, tarik tambang, hingga panjat pinang secara virtual. Ketiga, Ruang Seni dan Budaya yang membuat pengunjubng bisa menikmati berbagai konten kesenian dari berbagai penjuru nusantara. Seperti tarian daerah, pembacaan puisi serta syair, pertunjukan teater/drama/monolog, film pendek, hingga penampilan musik daerah maupun nasional.

    Rumah Digital Indonesia juga membuka kesempatan kepada semua warga Indonesia yang ada di dalam negeri atau luar negeri untuk ikut memeriahkan Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Setiap orang bisamengirimkan hasil karya berupa video melalui ke tautan bit.ly/joinvideokreasiHUTRI76 sebelum tanggal 20 Agustus 2021. Karya terpilih akan ditampilkan di Ruang Seni & Budaya RDI dan bisa ditonton seluruh masyarakat Indonesia.

    Keempat, Ruang Komunitas yang menyediakan beragam konten perayaan unik kemerdekaan. Bahkan telah dirancang segmen 'Cerita Kemerdekaan' serta fitur filter foto Perayaan ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia serta filter Rumah Digital Indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk kreasi visual.

    Kelima, RDI memberi kesempatan pelaku UMKM unggulan dari 34 provinsi untuk mengenalkan produk mereka kepada masyarakat melalui pasar lokal dan bazaar virtual serta terhubung dengan marketplace.

    Selain itu, adapula Ruang Literasi Digital yang menghadirkan berbagai konten mengenai pemanfaatan internet untuk kegiatan positif dan produktif. Lewat ruang itu diharapkan dapat menciptakan ruang digital yang menyenangkan, sehat, aman dan beretika.

    Tersedia pula Petualangan Nusantara dan Wajah Indonesia. Dalam Petualangan Nusantara pengakses bisa memanfatkan fitur berupa peta interaktif mengenai informasi pada setiap provinsi yang meliputi destinasi wisata, kuliner khas daerah.  Sementara untuk Wajah Indonesia akan ditampilkan sosok pahlawan lokal yang telah berbuat sesuatu yang luar biasa dan berdampak bagi daerahnya.

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 339/HM/KOMINFO/09/2021 tentang Rapat Kerja Komisi I DPR RI dengan Kementerian Kominfo, KPI Pusat, KIP Pusat, dan Dewan Pers terkait Pagu Anggaran Kominfo T.A. 2022

    Komisi I DPR RI menyetujui Pagu Anggaran RAPBN T.A. 2022 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebesar Rp 21,79 triliun. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 338/HM/KOMINFO/09/2021 tentang Tingkatkan Pelindungan Data Pribadi, DPD RI Dorong Menkominfo Ambil Langkah Strategis

    Ketua Komite I DPD RI Facrul Razi menyatakan pihaknya mendorong Pemerintah melalui Kementerian Kominfo untuk melakukan langkah-langkah strat Selengkapnya

    Siaran Pers No. 337/HM/KOMINFO/09/2021 tentang Percepat Transformasi Digital, Menteri Johnny: Peran DPD Penting untuk Dukung Pemda

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, mendorong kolaborasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mendukung agenda perce Selengkapnya

    Siaran Pers No. 336/HM/KOMINFO/09/2021 Tentang Estimasi Valuasi USD124 M, Menkominfo: Pemerintah Optimasi Produktivitas Ekonomi Digital

    Laporan ASEAN Development Bank Tahun 2021 menunjukkan percepatan transformasi digital memiliki pengaruh sangat signifikan dalam pemulihan ek Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA