FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 07-2021

    420

    Jangkau Lebih dari 3 Juta Peserta, Kominfo Genjot Program LDN Imbangi Pemerataan Konektivitas Digital

    SIARAN PERS NO. 259/HM/KOMINFO/07/2021
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 259/HM/KOMINFO/07/2021

    Kamis, 29 Juli 2021

    Tentang

    Jangkau Lebih dari 3 Juta Peserta, Kominfo Genjot Program LDN Imbangi Pemerataan Konektivitas Digital

    Pembangunan konektivitas digital menjadi fokus pemerintah untuk menghubungkan seluruh pelosok nusantara. Presiden Joko Widodo menyatakan konektivitas digital perlu diiringi dengan upaya menghubungkan bangsa Indonesia dengan teknologi dan pola pikir dengan masa depan baru menuju Indonesia Maju. 

    Guna merealisasikan masyarakat digital yang berdaya dan bertalenta, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melaksanakan Program Literasi Digital Nasional (LDN) sejalan dengan percepatan transformasi digital nasional. 

    “Seiring dengan pemerataan pembangunan infrastruktur digital di seluruh penjuru nusantara, diperlukan penguatan keterampilan digital masyarakat untuk navigasi serta pemanfaatan teknologi dan ruang digital yang positif dan optimal,” jelas Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan di Jakarta, Kamis (29/07/2021).

    Sejak diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Mei 2021 lalu, saat ini Program Literasi Digital Nasional ini telah menjangkau 3.284.608 peserta yang ada di 34 provinsi serta 454 kabupaten dan kota.

    “Sudah ada 5.055 kegiatan yang telah berlangsung secara daring. Secara lebih spesifik, capaian-capaian tersebut dapat diakses oleh publik melalui dashboard.literasidigital.id,” ungkap Dirjen Semuel.

    Menurut Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, setiap tahunnya Program Literasi Digital Nasional akan menjangkau lebih dari 12,4 juta partisipan pelatihan di 514 kabupaten dan kota di 34 provinsi. 

    “Dengan demikian, diharapkan setidaknya terdapat 50 juta masyarakat Indonesia yang akan terliterasi digital sampai tahun 2024 mendatang,” harapnya.

    Dirjen Semuel menyatakan Kementerian Kominfo berupaya menguatkan keterampilan dasar bidang digital lewat Program LDN. Bahkan, bekerja sama dengan komunitas literasi digital dan akademisi telah dirancang llebih dari 20.000 kegiatan pelatihan daring yang gratis untuk seluruh masyarakat. 

    “Kegiatan-kegiatan yang gratis dan terbuka untuk umum ini dapat diakses melalui event.literasidigital.id,” ujarnya.

    Menurut Dirjen Aptika setiap pelatihan yang dilaksanakan mengacu pada modul dan panduan kurikulum yang didasarkan pada empat pilar literasi digital, yaitu: Kemampuan Berdigital, Budaya Digital, Etika Berdigital dan Keamanan Berdigital.

    Kami  juga akan terus dikembangkan secara berkala dengan mengikuti perkembangan dunia digital. Keberadaan kegiatan-kegiatan yang gratis dan terbuka luas tersebut diharapkan dapat merealisasikan dan terwujudnya pemanfaatan teknologi secara produktif, aman, beretika, serta berbudaya oleh masyarakat,” jelasnya. 

    Selain webinar dan kelas daring, Program Literasi Digital Nasional juga menyediakan beragam materi dan bacaan  yang dapat diakses oleh publik melalui laman literasidigital.id.  Bahkan, materi literasi digital tersebut juga dapat diakses melalui aplikasi Siberkreasi yang tersedia di Playstore maupun Appstore. 

    “Melalui kemudahan akses terhadap materi-materi serta kegiatan-kegiatan literasi digital ini, diharapkan masyarakat luas dapat memanfaatkannya untuk terus belajar dan meningkatkan pengetahuannya terkait literasi digital. Dengan adopsi teknologi baru dan literasi digital, kami percaya bahwa transformasi digital dapat mendorong kreativitas dan inovasi baru di berbagai sektor,” tandas Dirjen Semuel.

    Program Literasi Digital Nasional  diluncurkan pada 20 Mei 2021 oleh Presiden Joko Widodo. Menurut Kepala Negara, program itu diharapkan dapat meningkatkan kecakapan digital masyarakat serta produktivitas masyarakat dalam menggunakan internet agar bisa memberi nilai tambah bagi seluruh lapisan masyarakat. 

    Program Literasi Digital Nasional didukung 110 lembaga dan berbagai komunitas melalui berbagai inisiatif dan kerja konkret agar masyarakat makin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif.

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 339/HM/KOMINFO/09/2021 tentang Rapat Kerja Komisi I DPR RI dengan Kementerian Kominfo, KPI Pusat, KIP Pusat, dan Dewan Pers terkait Pagu Anggaran Kominfo T.A. 2022

    Komisi I DPR RI menyetujui Pagu Anggaran RAPBN T.A. 2022 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebesar Rp 21,79 triliun. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 338/HM/KOMINFO/09/2021 tentang Tingkatkan Pelindungan Data Pribadi, DPD RI Dorong Menkominfo Ambil Langkah Strategis

    Ketua Komite I DPD RI Facrul Razi menyatakan pihaknya mendorong Pemerintah melalui Kementerian Kominfo untuk melakukan langkah-langkah strat Selengkapnya

    Siaran Pers No. 337/HM/KOMINFO/09/2021 tentang Percepat Transformasi Digital, Menteri Johnny: Peran DPD Penting untuk Dukung Pemda

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, mendorong kolaborasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mendukung agenda perce Selengkapnya

    Siaran Pers No. 336/HM/KOMINFO/09/2021 Tentang Estimasi Valuasi USD124 M, Menkominfo: Pemerintah Optimasi Produktivitas Ekonomi Digital

    Laporan ASEAN Development Bank Tahun 2021 menunjukkan percepatan transformasi digital memiliki pengaruh sangat signifikan dalam pemulihan ek Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA