FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 07-2021

    1539

    Kecelakaan Lalu Lintas Akibat Pemadaman Lampu Jalan selama PPKM Darurat, Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo – Seorang pria mengunggah foto dirinya di media sosial Facebook. Pada unggahannya pria tersebut memperlihatkan dirinya mengalami luka lecet di bagian wajah, kaki, dan tangannya akibat kecelakaan lalu lintas.  Konon, unggahan tersebut dilengkapi dengan narasi yang menuding kecelakaan ini terjadi akibat minimnya penerangan di jalan selama masa PPKM Darurat.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan dari kumparan.com, berdasarkan hasil penelusuran Polresta Malang Kota dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, unggahan pria tersebut adalah hoaks.

    Foto yang diunggah tersebut merupakan foto lama yang diunggah kembali di grup Facebook. Saat ini, pelaku pembuat dan penyebar hoaks tersebut sudah diamankan oleh Polresta Malang Kota.

    Pelaku juga telah menyampaikan permintaan maaf kepada warga Kota Malang karena telah membuat konten hoaks yang menghebohkan. Menurut pengakuannya, kecelakaan tersebut terjadi pada 24 Mei 2021 yang lalu, bukan pada saat dimulainya PPKM Darurat di Kota Malang. 

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Selasa (06/07/2021):

    Berita Terkait

    SE BI Tak Layani Tukar Uang Baru, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Detik-detik Jembatan Suramadu Ambruk, Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim Jembatan Suramadu ambruk ditabrak kapal kargo adalah tidak benar. Selengkapnya

    Video Kerusakan Parah Akibat Gempabumi Tuban? Itu Keliru!

    Ternyata, video yang memperlihatkan kerusakan rumah dan jalan itu merupakan kejadian akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur yang terjadi pad Selengkapnya

    Beredar Hasil Exit Poll Pilpres 2024 di Luar Negeri? Itu Hoaks!

    Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik mengatakan informasi yang diklaim dalam unggahan foto yang beredar adalah tidak benar ata Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA