FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 07-2021

    860

    Stadion Maguwoharjo dan Mandala Krida Akan Jadi RS Darurat Covid-19, Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Beredar informasi melalui pesan berantai WhatsApp yang menyebutkan bahwa Stadion Maguwoharjo dan Mandala Krida Yogyakarta akan dijadikan rumah sakit darurat Covid-19.  Konon, pesan tersebut juga menjelaskan bahwa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menempati peringkat ke-3 nasional penularan beresiko virus Covid-19.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, Humas Pemda DIY melalui laman Instagram resmi menegaskan informasi itu  tidak benar atau hoaks.

    “Penambahan tempat perawatan darurat bagi pasien Covid-19 akan dilakukan di halaman RS Respati, Sleman, Yogyakarta,” ungkap Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Biwara Yuswantana pada Jumat (02/07/2021).

    Menurut Biwara penentuan peringkat tidak berdasarkan tingkat penularan. Pemeringkatan level didasarkan pada laju penularan dan kapasitas respon sesuai kriteria WHO dengan nilai level 1-4.

    Berikut laporan isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Sabtu (03/07/2021):

    Berita Terkait

    Serpihan Logam dalam Makanan Bayi? Awas Hoaks!

    Video tersebut beredar dengan narasi bahwa makanan bayi tersebut mengandung logam. Selengkapnya

    SE BI Tak Layani Tukar Uang Baru, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Peringatan Thailand Soal Vaksin Covid-19 Picu Kanker dan Tumor Otak? Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim yang beredar itu tidak benar. Selengkapnya

    Temuan Gudang Kotak Suara Ganda Makassar? Itu Hoaks!

    Klaim narasi yang menyatakan bahwa ditemukannya gudang kotak suara ganda di Kota Makassar untuk kecurangan Pemilu 2024 adalah keliru dan tid Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA