FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 06-2021

    1079

    Perluas Kerja Sama Antarelemen Masyarakat untuk Tangani Pandemi

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Jakarta, Kominfo – Peningkatan kasus positif Covid-19 dalam satu bulan terakhir berdampak pada tingkat keterisian tempat tidur/bed occupancy rate (BOR) rumah sakit bagi pasien Covid-19. Di kota Tangerang Selatan, yang merupakan salah satu kota penyangga ibu kota, tingkat BOR ICU sudah mencapai 98% dari total 51 kamar ICU yang tersedia. Pemerintah dan Pemerintah Daerah berupaya menambah jumlah tempat tidur, tenaga kesehatan, dan memperketat pembatasan mobilitas masyarakat, serta mengintensifkan testing dan tracing, serta melakukan vaksinasi secara besar-besaran.

    “Khusus untuk Kota Tangerang Selatan, sebagai bagian dari klaster ibu kota, dengan jumlah penduduk sektiar 1,3 juta jiwa, maka untuk mencapai herd immunity, vaksinasi harus mencapai sekitar 800.000 orang, dengan target vaksinasi minimal 5.000 orang per hari,” tegas Wapres saat membuka Vaksinasi Massal Tahap II Kerja Sama Yayasan Dewa Dewi Indonesia dengan Traveloka dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, melalui konferensi video, pada Rabu (30/8).

    Dalam acara tersebut, Wapres menekankan bahwa kunci keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah program vaksinasi yang berperan vital dan sangat penting.

    “Oleh karenanya, saya sangat mengapresiasi acara ini, dan menyampaikan terima kasih atas peran dan kontribusi nyata dari Yayasan Dewa Dewi Indonesia dan Traveloka yang telah membantu Pemerintah, khususnya Pemkot Tangerang Selatan dalam percepatan vaksinasi sebagai salah satu upaya penangan pandemi,” ujar Wapres.

    Wapres juga berharap, melalui kegiatan vaksinasi massal tahap II dengan target lansia, tenaga pendidik, dan penyandang disabilitas ini, percepatan vaksinasi sebagai salah satu upaya penangan pandemi Covid-19 dapat terus dilakukan.

    “Saya berharap kerja sama yang baik ini perlu dilanjutkan dan ditingkatkan serta diperluas, khususnya pada wilayah sentra vaksinasi lainnya di sekitar daerah penyangga Ibu Kota Jakarta dan juga daerah-daerah yang masih rendah cakupan vaksinasinya,” ungkap Wapres.

    Lebih lanjut Wapres mengimbau kepada masyarakat Kota Tangerang Selatan yang sudah divaksinasi untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan melindungi mereka yang belum mendapat vaksin, serta membantu Pemerintah dan Pemkot Tangerang Selatan dalam menyampaikan informasi, memberikan edukasi, dan mengajak masyarakat yang belum divaksinasi untuk mengikuti program vaksinasi dan senantiasa berdisiplin menerapkan protokol kesehatan.

    “Vaksinasi tidak berarti kita kebal dan terbebas dari Covid-19, vaksinasi juga tidak serta merta menggantikan implementasi protokol kesehatan. Tetapi vaksinasi mampu mengurangi tingkat keparahan seseorang apabila terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Wapres.

    Terakhir, Wapres berharap agar target vaksinasi nasional bagi satu hingga dua juta orang per hari dapat tercapai, sehingga kekebalan komunal Indonesia dapat segera terwujud.

    Berita Terkait

    Presiden Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal Jelang Lebaran

    Presiden menekankan bahwa pada tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan total sekitar 190 juta orang atau menin Selengkapnya

    Presiden Tegaskan Potensi Demografi dan Tantangan Indonesia

    Menurut Presiden, Indonesia memiliki kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan baik karena 68 persen penduduknya berada dalam rentang usia p Selengkapnya

    Presiden Apresiasi Kinerja KPU dalam Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

    Sebelumnya, KPU telah menyelesaikan rekapitulasi suara Pemilu 2024 yang ditetapkan dalam Rapat Pleno Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitung Selengkapnya

    Bertemu Ulama Pati, Wapres Ingatkan Jaga Persatuan Umat Hadapi Tantangan Pemilu

    Wapres pun mengapresiasi sikap positif ulama dalam menghadapi pemilu, menekankan pentingnya persatuan tanpa terpecah belah. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA