FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 06-2021

    4696

    Transmisi Data Cepat, Menteri Johnny Beri Gambaran Jaringan Backbone

    Kategori Berita Kominfo | Irso
    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan BTS dan Program Literasi Digital di Provinsi NTT, di Hotel Aston Kupang, Senin (28/06/2021) -(AYH)

    Kupang, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan Indonesia saat ini memiliki dua jaringan backbone yang melintas di kawasan Selatan dan Utara Indonesia. Jaringan backbone telekomunikasi itu menjadi penghubung antara Indonesia Barat, Tengah dan Timur untuk kebutuhan telekomunikasi dan transmisi data.

    “Jaringan backbone ini penting sekali untuk transmisi data cepat dan dalam jumlah besar di seluruh kawasan negara kita,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan BTS dan Program Literasi Digital di Provinsi NTT, di Hotel Aston Kupang, Senin (28/06/2021).

    Menurut Menkominfo, jaringan backbone  yang menghubungkan antarpulau di Indonesia sangat banyak namun berada di dalam tanah dan bawah laut. sehingga tidak mudah terlihat. Menteri Johnny menjelaskan di Provinsi Nusa Tenggara Timur, ada jaringan backbone yang menghubungkan Indonesia Barat ke Indonesia bagian Timur melalui wilayah Selatan. 

    “Kenapa melalui wilayah Selatan? Karena wilayah Selatan walaupun wilayah vulkanis, tetapi aktifitas bawah laut relatif lebih tenang dibandingkan wilayah utara,” jelasnya.

    Menkominfo menyatakan ada beberapa kendala yang kerap terjadi pada infrastruktur jaringan backbone  telekomunikasi. Ia menyontohkan belum lama ini wilayah Utara Jayapura, Papua kabel fiber optik putus di kedalaman 4000 meter bawah laut.

    “Putusnya satu kabel mengakibatkan keseluruhan transmisi data Papua menjadi macet, dan backup hanya sederhana, hanya sedikit yang tidak mampu untuk menunjang seluruh kebutuhan komunikasi di Jayapura,”tandasnya.

    Menurut Menteri Johnny, kedalaman 4000 meter di bawah laut sama dengan 400 bar yang tekanannya sama beratnya dengan ratusan gajah. “Kalau ditaruh badan berapa ratus gajah yang tindis badan kita ini, tidak mungkin turun ke bawah,” jelasnya. 

    Meskipun sempat mengalami kendala, Menkominfo menegaskan pihaknya bersama dengan operator seluler telah melakukan langkah-langkah yang cepat untuk memulihkan dan mengganti kabel bawah laut. 

    “Lalu menyiapkan kabel-kabel rute baru dan outering rute utara untuk fiber optik jaringan tulang punggung,” tuturnya. 

    Selain jaringan backbone, Kementerian Kominfo juga akan membangun jaringan di middle mile atau di tingkat tengah dari pembangunan infrastruktur TIK. Jaringan middle mile dibangun melalui microwave link. 

    Menurut Menkominfo, pada kuartal keempat tahun 2023 nanti, pemerintah akan memanfaatkan satu satelit yakni High Troughput Satelite untuk kebutuhan layanan publik di Indonesia, termasuk Nusa Tenggara Timur. 

    “Satu satelit 150 Mbps itu akan melayani 150 ribu titik layanan publik. Jadi Pak Gubernur (Gubernur NTT Viktor Laiskodat), tahun 2023 kami sudah mendata sekolah-sekolah, puskesmas, kantor-kantor desa, layanan publik, kantor polsek mana saja yang nanti akan disediakan internet yang dihubungkan langsung dengan satelit dan gratis, karena itu dibiayai oleh APBN Kominfo. Tentu harapannya infrastruktur ini dipakai dengan baik,” harap Menteri Johnny.

    Kementerian Kominfo juga telah dan akan terus membangun infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) di wilayah 3T di seluruh Indonesia, untuk Provinsi NTT, Menkominfo menegaskan akan menyelesaikan sebanyak 421 BTS baru hingga tahun 2022. 

    “Layer ketiga yang paling ujung adalah Base Transceiver Station last mile untuk membangun BTS-BTS di seluruh Indonesia, khususnya wilayah 3T, termasuk di Nusa Tenggara Timur. Di NTT ada 421 BTS untuk 421 desa yang akan diselesaikan pada tahun 2021 ini dan tahun depan 2022, saya harapkan ini bisa dilakukan akselerasi sehingga lebih cepat,” papar Menkominfo.

    Kegiatan Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan BTS dan Program Literasi Digital di Provinsi NTT dihadiri Gubernur NTT Viktor Laiskodat, serta para Kepala Daerah se-Provinsi NTT. Selama Rapat Koordinasi berlangsung, baik penyelenggara maupun peserta telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

    Usai menghadiri Rapat Koordinasi, Menteri Johnny melanjutkan kunjungan kerja di Gereja Masehi Injil di Timor Kabupaten Kupang dalam rangka kegiatan Literasi Digital, dan bertolak ke Pantai Wisata Batu Nona, Kota Kupang untuk meninjau operasional Network Operation Center (NOC) dan laporan pemanfaatan kapasitas Palapa Ring Paket Timur.

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Petugas KPU Menyusup dan Beri Bocoran Debat Perdana

    detik.com memberitakan bantahan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Habiburokhman soal klaim yang menyebut adanya petuga Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Budi Arie Pimpin Peringatan Bela Negara 75 Tahun

    Menkominfo Budi Arie Setiadi menjadi Inspektur Upacara Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023 di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selas Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA