FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 06-2021

    503

    Kominfo Gandeng Platform Dagang Daring Tingkatkan Keamanan Data

    Kategori Berita Kominfo | doni003
    Menkominfo Johnny G. Plate memberikan sambutan dalam acara puncak Bangga Buatan Indonesia: Kilau Permata Flobamora di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (18/06/2021). - (AYH)

    Labuan Bajo, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika melibatkan penyelenggara platform aplikasi dagang dalam jaringan (daring) untuk meningkatkan keamanan data digital pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan hal itu ditujukan agar pelaku UMKM terlindungi dari ancaman kejahatan siber yang marak di ruang digital.  

    "Saya memberikan komitmen yang meningkatkan kemampuan dalam menghadapi serangan kejahatan dunia maya," ujarnya dalam sambutan acara puncak Bangga Buatan Indonesia: Kilau Permata Flobamora di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (18/06/2021). 

    Menurut Menteri Johnny, pelindungan data pribadi milik pelaku UMKM yang menggunakan ruang digital sebagai medium berdagang daring penting dilakukan.

    "Dalam beberapa waktu ke depan, ini penting dilakukan, oleh Kominfo bersama dengan para pemilik platform aplikasi di atas agar terhindari dari ancaman pencurian data," ungkapnya. 

    Mengenai tata kelola keamanan data, Menkominfo menilai sebagai hal yang sangat penting diwujudkan pemilik platform digital di masa depan. "Demi, menjamin kepastian hukum para pelaku UMKM dalam menjalankan kegiatannya berdagang secara daring melalui platform yang digunakannya. (Sekaligus) Memberikan komitmen menjaga membangun atau meng-upgrade masing-masing platform untuk meningkatkan kemampuan teknologi security digital," harapnya.

    Menteri Johnny menegaskan saat ini data pribadi merupakan hal yang sangat berharga. Sehingga layak dilindungi secara optimal oleh pemangku kepentingan yang terkait.

    "Dengan adanya, komitmen yang ditegaskan dari para pemilik platform di atas maka akan membuat potensi bocornya data lebih kecil.  Data pribadi masyarakat saat ini layaknya emas baru dunia. Maka, kita harus jaga dan bersama agar tidak bocor," tandasnya.

    Di sisi lain, dalam mendukung para pelaku UMKM dalam negeri menjadi tuan rumah di ruang digital, Menkominfo menyatakan saat ini pihaknya tengah melakukan kegiatan pelatihan talenta digital yang dapat mendorong ekosistem digital Indonesia di sektor  ekonomi digital termasuk juga dagang daring meningkat dengan tajam. 

    "Mengingat, dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia memerlukan talenta digital sebanyak 9 juta talenta digital. Artinya, dalam satu tahun Indonesia harus bisa mencetak sebanyak 600 ribu talenta digital untuk mendukung sektor ekonomi digital," paparnya. 

    Menteri Johnny optimistis, langkah pelatihan di atas akan berdampak positif bagi pelaku usaha UMKM di ruang digital. Karena, sumber daya manusia (SDM) Indonesia memiliki kemampuan mendorong eksistensi pelaku tersebut di ruang-ruang digital di masa depan.  "Diberikan pelatihan-pelatihan digital untuk menghasilkan master-master, mentor digital, atau suhu-suhu digital di Indonesia," harapnya.

    Berita Terkait

    Dukung Telemedicine, Kominfo Gandeng Operator Seluler Jaga Kualitas Layanan

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng penyelenggara operator layanan telekomunikasi seluler untuk menjaga kualitas layanan tele Selengkapnya

    Kominfo Siap Dukung Sosialisasi Peringatan Harlah Pancasila Tahun 2021

    Kementerian Komunikasi dan Informatika membahas kerja sama dengan Badan Pembinan Ideologi Pancasila untuk Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Selengkapnya

    Vaksin Covid Bunuh Orang dan Musnahkan Populasi Dunia, Itu Hoaks!

    Beredar informasi di media sosial yang menyebutkan vaksin Covid akan membunuh dan memusnahkan populasi manusia di dunia. Konon, dikisahkan s Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Pemahaman Publik mengenai Peniadaan Mudik

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, pihaknya telah berupaya optimal menyebarkan pesan imbauan agar tidak mudik ke Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA