FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 06-2021

    2380

    Pelatihan Digitalisasi Pelaku UMKM Boleh Gunakan Dana Desa

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Jakarta, Kominfo - Pelatihan digitalisasi untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diperbolehkan menggunakan Dana Desa. Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transportasi, Abdul Halim Iskandar mengatakan penggunaan Dana Desa untuk pelatihan digitalisasi akan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pelaku UMKM dalam memasarkan produk yang dihasilkannya.

    “Terkait Pemanfaatan Dana Desa, tentu Dana Desa sangat boleh digunakan untuk pelatihan digitalisasi UMKM,” ujar Mendes PDTT dalam acara puncak Bangga Buatan Indonesia - Kilau Digital Permata Flores, Sumba, Timor, Alor dan kepulauan lain di Provinsi Nusa Tenggara Timur (Flobamora) secara daring dari Jakarta, Jumat (18/06/2021).

    Menurut Mendes PDTT penggunaan Dana Desa untuk pelatihan digitalisasi pelaku UMKM sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar Dana Desa dipergunakan untuk apa saja, kecuali yang dilarang.

    "Dalam hal ini, Dana Desa harus difokuskan untuk untuk pertumbuhan ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan digitalisasi. Semoga pelaku UMKM terus bergairah sehingga mempercepat kebangkitan ekonomi nasional,” ungkapnya.

    Mendes PDTT juga mengajak Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan BUMDes Bersama untuk meningkatkan kapasitas digitalisasinya supaya bisa semakin berkembang. Menurutnya puncak acara Bangga Buatan Indonesia - Kilau Digital Permata Flobamora dinilai menjadi salah satu sarana bagi BUMDes atau BUMDes Besama dan UMKM setempat meningkatkan kapasitas digitalisasinya untuk menngembangkan pasar produknya ke seluruh nusantara.

    “Kami apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya Menko Maritim dan Investasi dan Menteri Komunikasi dan Informatika atas terselenggaranya gerakan nasional bangga buatan Indonesia ini,” tuturnya.

    Berita Terkait

    Presiden Ajak ASEAN dan Australia Perkuat Kemitraan di Usia Emas 50 Tahun

    ASEAN dan Australia berbagi tanggung jawab bersama untuk menjaga stabilitas, perdamaian, dan kemakmuran di kawasan tersebut. Selengkapnya

    Pemerintah Mutakhirkan Layanan Digital Izin Nakes dalam MPP Digital

    Pemerintah secara terus-menerus melakukan berbagai perbaikan pelayanan publik. Salah satunya adalah dengan melakukan langkah percepatan mela Selengkapnya

    Presiden Apresiasi Peran GP Ansor Sebarkan Nilai Moderasi Beragama

    Kepala Negara juga menekankan persatuan dan keutuhan bangsa harus ditempatkan di atas segalanya. Selengkapnya

    Pemerintah Optimis Transformasi Digital Jangkau Hingga Pelosok Desa

    Selama ini layanan di Desa masih terpisah-pisah sehingga masyarakat belum sepenuhnya medapat kemudahan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA