FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 06-2021

    1201

    Temui Wapres, Menkopolhukam Laporkan Persiapan Percepatan Pembangunan Kesejahteraan

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo – Sesuai Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 20 Tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, Presiden Joko Widodo menunjuk Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Pengarah yang membawahi anggota. Kepres tersebut menyebutkan bahwa Dewan Pengarah bertugas mengkoordinasikan penyelenggaraan kebijakan percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat untuk mewujudkan masyarakat yang maju, sejahtera, damai, dan bermartabat. Dalam upaya tersebut, Wapres bersinergi dengan para anggota di bawahnya. Untuk itu, sebagai anggota Dewan Pengarah,

    Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menemui Wapres untuk melaporkan persiapan percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat, di Kediaman Resmi Wapres Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta, Rabu (09/06/2021). Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi kepada awak media.

    Lebih jauh Masduki mengatakan, Menkopolhukam juga melaporkan  kondisi keamanan di kedua provinsi tersebut dan rencana agar percepatan pembangunan kesejahteraan dapat segera terlaksana.

    “Agar program-program yang sifatnya quick win dapat segera berjalan dan bisa segera menguntungkan untuk kesejahteraan di Papua [dan Papua Barat],” ucap Masduki.

    Kemudian, Masduki mengungkapkan bahwa akan ada rapat lanjutan yang berkaitan dengan rencana percepatan tersebut, khususnya terkait Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

    “Tadi disepakati akan segera ada rapat lanjutan yang berkaitan dengan bagaimana supaya APBN untuk membangun kesejahteraan Papua [dan Papua Barat] itu segera direalisasikan. Jadi, Bappenas dan Kementerian Keuangan akan segera dipanggil oleh Wakil Presiden untuk kepentingan itu,” ungkap Masduki.

    “Apabila itu sudah terlaksana, maka tahap berikutnya Insya Allah akan ada rapat terbatas yang akan dilaporkan ke Bapak Presiden,” tambahnya.

    Masduki pun menekankan bahwa Wapres sangat memberikan perhatian penuh kepada kesejahteraan kedua provinsi tersebut, sehingga berharap agar semua rencana dapat segera direalisasikan.

    “Karena yang terpenting adalah bagaimana masyarakat Papua [dan Papua Barat] bisa segera sejahtera,” ujar Masduki mengutip Wapres.

    Menutup keterangannya, Masduki menyinggung rencana kunjungan kerja Wapres ke tanah Papua dan Papua Barat setelah segala persiapan sudah cukup matang, sehingga Wapres dapat turun langsung meninjau Papua.

    “Setelah semuanya selesai, maka kemudian Wapres Insya Allah akan melakukan kunjungan ke Papua [dan Papua Barat],” pungkasnya.

    Sebagai informasi, selain Menkopolhukam, Dewan Pengarah beranggotakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Kepala Staf Presiden. Selain itu ada pula Ketua Harian yang juga merangkap anggota, yakni Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

    Dalam pertemuan tersebut, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar serta Staf Khusus Wapres Bambang Widianto dan Masykuri Abdillah.

    Berita Terkait

    Wapres Yakini KDEKS Jadi Penggerak Pembangunan Ekonomi Sultra

    Wapres menerangkan bahwa upaya pengelolaan sumber daya alam sejatinya harus dilakukan melalui praktik-praktik ekonomi yang bertanggung jawab Selengkapnya

    Wapres: Optimalkan Program Percepatan Penurunan Stunting!

    Wapres mengingatkan bahwa target tahun ini akan dapat dicapai apabila semua pihak lebih bersungguh-sungguh menjalankan program penurunan stu Selengkapnya

    Wapres Paparkan Tiga Langkah Strategis Kembangkan Ekosistem Rantai Nilai Halal

    Selain dukungan multipihak, diperlukan langkah-langkah strategis dalam mewujudkan ekosistem tersebut. Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Desa Wisata Topang Pembangunan di IKN

    Sektor pariwisata di IKN mempunya prospek cerah untuk terus berkembang karena turut ditopang oleh daerah-daerah sekitar yang telah mapan sep Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA