FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 06-2021

    101

    Temui Wapres, Menkopolhukam Laporkan Persiapan Percepatan Pembangunan Kesejahteraan

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo – Sesuai Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 20 Tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, Presiden Joko Widodo menunjuk Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Pengarah yang membawahi anggota. Kepres tersebut menyebutkan bahwa Dewan Pengarah bertugas mengkoordinasikan penyelenggaraan kebijakan percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat untuk mewujudkan masyarakat yang maju, sejahtera, damai, dan bermartabat. Dalam upaya tersebut, Wapres bersinergi dengan para anggota di bawahnya. Untuk itu, sebagai anggota Dewan Pengarah,

    Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menemui Wapres untuk melaporkan persiapan percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat, di Kediaman Resmi Wapres Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta, Rabu (09/06/2021). Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi kepada awak media.

    Lebih jauh Masduki mengatakan, Menkopolhukam juga melaporkan  kondisi keamanan di kedua provinsi tersebut dan rencana agar percepatan pembangunan kesejahteraan dapat segera terlaksana.

    “Agar program-program yang sifatnya quick win dapat segera berjalan dan bisa segera menguntungkan untuk kesejahteraan di Papua [dan Papua Barat],” ucap Masduki.

    Kemudian, Masduki mengungkapkan bahwa akan ada rapat lanjutan yang berkaitan dengan rencana percepatan tersebut, khususnya terkait Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

    “Tadi disepakati akan segera ada rapat lanjutan yang berkaitan dengan bagaimana supaya APBN untuk membangun kesejahteraan Papua [dan Papua Barat] itu segera direalisasikan. Jadi, Bappenas dan Kementerian Keuangan akan segera dipanggil oleh Wakil Presiden untuk kepentingan itu,” ungkap Masduki.

    “Apabila itu sudah terlaksana, maka tahap berikutnya Insya Allah akan ada rapat terbatas yang akan dilaporkan ke Bapak Presiden,” tambahnya.

    Masduki pun menekankan bahwa Wapres sangat memberikan perhatian penuh kepada kesejahteraan kedua provinsi tersebut, sehingga berharap agar semua rencana dapat segera direalisasikan.

    “Karena yang terpenting adalah bagaimana masyarakat Papua [dan Papua Barat] bisa segera sejahtera,” ujar Masduki mengutip Wapres.

    Menutup keterangannya, Masduki menyinggung rencana kunjungan kerja Wapres ke tanah Papua dan Papua Barat setelah segala persiapan sudah cukup matang, sehingga Wapres dapat turun langsung meninjau Papua.

    “Setelah semuanya selesai, maka kemudian Wapres Insya Allah akan melakukan kunjungan ke Papua [dan Papua Barat],” pungkasnya.

    Sebagai informasi, selain Menkopolhukam, Dewan Pengarah beranggotakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Kepala Staf Presiden. Selain itu ada pula Ketua Harian yang juga merangkap anggota, yakni Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

    Dalam pertemuan tersebut, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar serta Staf Khusus Wapres Bambang Widianto dan Masykuri Abdillah.

    Berita Terkait

    Program Quick Wins, Percepat Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat Papua

    Proses koordinasi dan tindaklanjut dari Keppres Nomor 20 Tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di P Selengkapnya

    Menko Luhut Apresiasi Dukungan Percepatan Infrastruktur Digital

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan apresiasi kepada Menteri Komunikasi dan Informatik Selengkapnya

    Bahas Kondisi Pendanaan untuk Pembangunan Papua

    Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menerima Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani di Kediaman Resmi, Jalan Diponegoro, Jakarta. Pert Selengkapnya

    Presiden Dorong Peningkatan Disiplin Prokes dan Akselerasi Vaksinasi

    Varian delta atau B.1.617.2 telah terkonfirmasi ada di sejumlah daerah seperti Kudus, Bangkalan, dan DKI Jakarta sehingga butuh penerapan pr Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA