FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 06-2021

    105

    Targetkan Satu Juta Penyuntikan Dosis Vaksin per Hari pada Juli Mendatang

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Depok, Kominfo - Presiden Joko Widodo meminta percepatan pelaksanaan vaksinasi massal di berbagai wilayah di Indonesia agar pada bulan Juni ini dapat menyentuh angka 700 ribu penyuntikan dosis vaksin per harinya. Adapun untuk bulan Juli mendatang, Presiden telah menetapkan target sebanyak satu juta penyuntikan dosis vaksin per hari.

    “Kita berharap pada bulan Juni ini target untuk vaksinasi per hari 700 ribu itu betul-betul bisa tercapai sehingga di bulan Juli kita sudah masuk ke target vaksinasi per hari satu juta,” ujarnya saat memberikan keterangan selepas peninjauan pelaksanaan vaksinasi massal di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (09/06/2021).

    Dalam kunjungan kerja pada Rabu, 9 Juni 2021, ini Kepala Negara meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang tengah digelar di RSUI Kota Depok, Jawa Barat. Vaksinasi tersebut diperuntukkan bagi kurang lebih 1.500 orang yang terdiri atas kelompok warga lanjut usia (lansia), pelayan publik, tenaga kependidikan, dan penyedia layanan transportasi (pengemudi ojol dan ojek pangkalan).

    Pihak RSUI membagi penyuntikan dosis vaksin ke dalam dua proses, yakni secara lantatur (layanan tanpa turun) atau drive thru yang diperuntukkan bagi para pelayan publik dan penyedia layanan transportasi serta vaksinasi bagi warga lansia di lobi utama gedung RSUI.

    “Tadi saya juga melihat langsung pelaksanaan vaksinasi drive thru untuk para pengemudi ojek. Kita harapkan proses vaksinasi ini tidak hanya berjalan di sini saja, tetapi di daerah-daerah lain di provinsi-provinsi yang lain juga bergerak secara cepat,” tuturnya.

    Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara turut meninjau pelaksanaan vaksinasi serupa yang juga digelar di Korps Brimob dan kantor-kantor polsek di wilayah Kota Depok melalui konferensi video.

    Turut serta dalam peninjauan itu antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Depok Mohammad Idris, Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro, dan Direktur Utama RSUI Astuti Giantini.

    Tinjau Vaksinasi Massal Tangerang

    Setelah meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Depok, Jawa Barat, Presiden Joko Widodo kembali meninjau vaksinasi Covid-19 massal lainnya. Kali ini, vaksinasi dipusatkan di Indoor Stadium, Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten.

    “Siang hari ini saya baru saja melihat proses vaksinasi massal di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, sebanyak kurang lebih 10 ribu masyarakat umum, baik lansia, pralansia, tenaga pendidik, semuanya,” ujar Presiden dalam keterangannya di lokasi selepas peninjauan.

    Kepala Negara memandang, proses vaksinasi yang dilaksanakan tersebut manajemen lapangannya telah berjalan dengan rapi dan baik. Presiden ingin agar vaksinasi serupa tidak hanya digelar di Kabupaten Tangerang, tapi juga di daerah-daerah lain sehingga target vaksinasi secara nasional bisa segera tercapai.

    “Kita ingin proses vaksinasi seperti yang dilakukan di Kabupaten Tangerang ini dalam jumlah banyak ini dilakukan juga oleh provinsi lain, oleh kabupaten/kota yang lain sehingga kecepatan kita mengejar 700 ribu per hari untuk bulan Juni dan 1 juta per hari untuk vaksinasi ini betul-betul bisa kita kejar,” jelasnya.

    Presiden pun mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak, terutama Menteri Kesehatan, atas upaya terus-menerus dalam melaksanakan program vaksinasi nasional. Presiden berharap vaksinasi bisa menjadi pelindung dari pandemi Covid-19.

    “Kita harapkan ini akan melindungi kita semuanya dari penyebaran Covid,” tandasnya.

    Untuk diketahui, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, terdapat 79.194 orang yang menjadi target sasaran vaksinasi di Kabupaten Tangerang. Hingga 7 Juni 2021, sebanyak 84.302 orang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan 67.325 orang mendapatkan vaksinasi dosis kedua.

    Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan vaksinasi tersebut antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

    Berita Terkait

    Temukan 444 Tautan Penjualan Bahan Berbahaya di Lokapasar, Kemendag Terus Perketat Pengawasan

    Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan akan terus memperketat pengawasan penjualan prekursor, ba Selengkapnya

    Presiden Instruksikan Sinergi Empat Pilar Perkuat PPKM Mikro dan Akselerasi Vaksinasi

    Presiden RI Joko Widodo kembali menekankan dua hal yang harus dilakukan dalam penanganan pandemi COVID-19 di sisi hulu dan hilir, yakni peng Selengkapnya

    Sebanyak 10 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Kembali Tiba di Tanah Air

    Pemerintah kembali mengamankan pasokan vaksin Covid-19 untuk mendukung program vaksinasi nasional. Sebanyak 10 juta dosis bahan baku (bulk) Selengkapnya

    Presiden Kecam Aksi Pengusiran dan Kekerasan Israel terhadap Warga Palestina

    Presiden Joko Widodo mendesak Dewan Keamanan PBB untuk segera mengambil tindakan atas pelanggaran yang kerap dilakukan Israel. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA