FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 06-2021

    239

    Klarifikasi Pemberitaan Penyaluran BPUM, KemenkopUKM: Cek Informasi Resmi

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim menjelaskan penyaluran Bantuan Presiden untuk Usaha Mikro (BPUM). Penjelasan itu dimaksudkan untuk meluruskan beberapa informasi hoaks yang disebarluaskan orang tak bertanggung jawab.

    "Jadi kesempatan kali ini kami akan melakukan klarifikasi sekaligus perkembangan penyaluran BPUM yang berpotensi merugikan para pelaku usaha mikro," paparnya di Jakarta, Senin (07/06/2021).

    Ses MenkopUKM Arif Rahman Hakim meminta masyarakat dan pelaku UMKM untuk selalu melakukan pengecekan dengan mengakses informasi resmi di laman web dan media sosial resmi Kemenkop UKM.

    "Saya meminta masyarakat dan para pelaku UMKM untuk mengacu informasi yang disampaikan oleh Kementerian Koperasi dan UKM melalui medsosnya, yaitu @KemenkopUKM baik di Instagram maupun medsos yang lain. Sementara untuk website resmi KemenkopUKM adalah www.kemenkopukm.co.id dan call center di 450058," jelasnya. 

    Deputi Bidang Usaha Mikro KemenkopUKM Eddy Satriya menambahkan beberapa waktu lalu MenkopUKM Teten Masduki memintanya untuk mengklarifikasi adanya kesimpangsiuran informasi terkait Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). "Sampai sebelum lebaran kemarin, KemenkopUKM sudah menyalurkan BPUM sebanyak 9.8 juta penerima yang merupakan kombinasi penerima lama dan penerima baru," jelasnya.

    Menurut Deputi Bidang Usaha Mikro jumlah itu merupakan  penyaluran tahap pertama dari dua tahap yang direncanakan. Untuk tahap kedua masih sedang dalam persiapan.  "Masing-masing penerima mendapatkan Rp 1,2 juta. Jadi total dana yang sudah disalurkan sebesar Rp11,76 triliun," jelasnya.

    Berita Terkait

    570 Instansi Pemerintah Buka Rekrutmen CASN, Ada 689.623 Formasi!

    Mulai hari ini, seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2021 telah resmi dimulai. Sebanyak 570 instansi pemerintah turut berpartisi Selengkapnya

    Kasus Covid-19 Masih Terkendali, Pemerintah Harapkan Peningkatan Kepatuhan Penggunaan Masker

    Perkembangan kasus konfirmasi harian dan kasus aktif secara umum masih terkendali, namun mulai menunjukkan tren kenaikan pada beberapa hari Selengkapnya

    Pemerintah Libatkan Perguruan Tinggi dalam Presidensi G20 Indonesia 2022

    Guna mendukung persiapan dan pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia, Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Koo Selengkapnya

    Presiden: Pencegahan Penyebaran Pandemi Harus Jadi Prioritas

    Kepala Negara juga meminta dukungan penuh terhadap program vaksinasi massal yang dijalankan di seluruh wilayah Indonesia. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA