FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 05-2021

    1119

    Video Gerhana Bulan di Kutub Utara? Awas Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo – Beredar video di media sosial Facebook yang menampilkan gerakan bulan yang sangat cepat dan juga besar. Konon, video itu disertai narasi gerhana bulan yang terjadi di Kutub Utara.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari Peneliti Pusat Sains dan Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Andi Pangerang menyatakan video tersebut bukan video gerhana bulan.

    "Tapi video simulasi seandainya bulan berjarak 10 kali lebih dekat dibandingkan dengan saat ini. Selain itu, jika video tersebut dikaitkan dengan Gerhana Bulan Total (GBT) yang terjadi 26 Mei lalu juga tidak tepat," jelasnya seraya  menegaskan bahwa GBT lalu tidak bisa disaksikan di kedua kutub.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi TIM AIS Kementerian Kominfo, Sabtu (29/05/2021):

    Berita Terkait

    Serpihan Logam dalam Makanan Bayi? Awas Hoaks!

    Video tersebut beredar dengan narasi bahwa makanan bayi tersebut mengandung logam. Selengkapnya

    Beredar Beras Plastik di Malinau Kaltara? Awas Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta yang dilansir dari cekfakta.tempo.co, belum ada hasil penel Selengkapnya

    Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina? Itu Disinformasi!

    Konon pemberangkatan pasukan TNI tersebut dikaitkan dengan perang yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina. Selengkapnya

    Sejuta Ton Beras Sintetis Beracun Asal Cina Beredar di Bukittinggi, Awas Disinformasi!

    Barang yang dibongkar dari kapal adalah beras yang diimpor oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) dari Vietnam, bukan Cina. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA