FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 05-2021

    1295

    Pemerintah Kembangkan Potensi dan Talenta Perempuan

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003
    Warga mengikuti pelatihan membatik di Balai Desa Kemendung, Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (27/5/2021). Pelatihan tersebut sebagai upaya meningkatkan keterampilan dan keahlian membatik agar dapat meningkatkan kualitas produk yang memiliki daya saing. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Pemerintah memiliki perhatian besarbesar untuk mengembangkan potensi dan talenta perempuan. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan hal itu ditujukan agar perempuan berperan lebih besar dalam menggerakkan ekonomi.
    "Ini bukan saja karena saya adalah Menaker perempuan, melainkan karena kesadaran bahwa pembangunan ketenagakerjaan harus dilakukan secara inkusif," kata Menaker Ida pada acara Women's Creative Week 2021 secara daring, dari Jakarta, Jumat (28/05/2021).
    Untuk mewujudkan harapan itu, Kemnaker mencanangkan 9 Lompatan Besar, salah satunya adalah pengembangan talenta muda. Terobosan pengembangan talenta muda ini diarahkan untuk mengelola dan mengoptimalkan potensi kreatif generasi millenial dan zelennial menjadi talenta muda yang siap menjemput future job yang semakin dinamis dan fleksibel.

    "Hal ini karena sebagaimana kita ketahui, disrupsi dan otomasi yang menjadi akibat dari revolusi industri telah berdampak sangat dahsyat dalam perkembangan dunia ketenagakerjaan," ucapnya.

    Adapun terobosan pengembangan talenta muda ini dilakukan dengan beberapa agenda, salah satunya mentransformasikan Innovation Room menjadi Talent Hub sebagai wadah bagi talenta muda untuk mengembangkan potensi dan skills yang relevan melalui berbagai program pelatihan future skills, memperluas kesempatan kerja melalui program Talent Fest dan Tenaga Kerja Mandiri.

    “Dengan memberikan ruang terbuka dan mendorong perempuan untuk meningkatkan potensi kreatif dan kompetensinya, maka mereka dapat berperan lebih besar dalam menggerakkan ekonomi, baik dengan menjadi pekerja maupun wirausaha,” katanya.
    Program-program itu, katanya, berorientasi pada pola ketenagakerjaan di masa depan yaitu membentuk Talent Corner di setiap Balai Latihan Kerja di seluruh Indonesia, serta melakukan pemetaan inovator muda dari berbagai bidang melalui kegiatan Talent Scouting.
    "Di sinilah perempuan menjadi bagian penting yang harus difasilitasi dalam mengembangkan talentanya," ucapnya.
    Melalui berbagai program dalam agenda pengembangan talenta muda ini, ia pun berharap semakin banyak perempuan muda yang muncul sebagai pembaharu yang membawa solusi kreatif dan inovatif di berbagai bidang.

    "Saya yakin potensi perempuan Indonesia sangatlah besar, bahkan dengan keuletan dan ketangguhannya, perempuan memiliki posisi strategis untuk menjadi bagian penting dalam pengembangan bangsa Indonesia kedepannya," ujarnya.

    Berita Terkait

    Wapres Paparkan Tiga Langkah Strategis Kembangkan Ekosistem Rantai Nilai Halal

    Selain dukungan multipihak, diperlukan langkah-langkah strategis dalam mewujudkan ekosistem tersebut. Selengkapnya

    Upaya Pemerintah Kembangkan Parekraf Berkelanjutan di IKN

    Menparekraf menjelaskan berbagai upaya dilakukan dalam mendukung pengembangan parekraf berkelanjutan. Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Desa Wisata Topang Pembangunan di IKN

    Sektor pariwisata di IKN mempunya prospek cerah untuk terus berkembang karena turut ditopang oleh daerah-daerah sekitar yang telah mapan sep Selengkapnya

    Presiden Targetkan Pembangunan IKN Jadi Model Transformasi Bekerja dan Percepat Lahan Investasi

    Menyikapi percepatan lahan untuk investasi, Presiden memberikan arahan untuk memperjelas dan mempercepat status lahan, terutama dalam pembeb Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA