FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 05-2021

    869

    Bangkitkan Ekonomi Masyarakat, Kominfo Siapkan Beragam Pelatihan

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Kupang, Kominfo – Pemerintah berupaya untuk membangkitkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Selain mendorong publik untuk gemar membeli produk buatan Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga menyiapkan beragam pelatihan untuk memanfaatkan teknologi digital.

    “Gernas BBI dapat membuka peluang pasar baru bagi UMKM untuk naik kelas secara nasional maupun global. Oleh karena itu, Kominfo memiliki beragam pelatihan lewat program Gerakan Nasional Literasi Digital, serta Digital Talent Scholarship (DTS) bagi 100.000 beasiswa pelatihan nongelar setiap tahun,” ungkap Staf Khusus Menkominfo, Philip Gobang dalam acara Road to Kilau Digital Permata Flobamora secara virtual, dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis (27/05/2021).

    Philip Gobang mengatakan, beragam pelatihan itu bekerja sama dengan 93 universitas dan Politeknik di 34 provinsi dan ditujukan untuk pengembangan kewirausahaan berbasis digital guna mendukung ekonomi digital. “Pelatihan penggunaan teknologi digital seperti big data, cloud computing, artificial intelligence, dan cyber security. Jadi, Kominfo berupaya mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan internet secara positif, produktif, ekonomis. Termasuk di kota Kupang, NTT, beberapa perguruan tinggi ikut terlibat berkolaborasi dalam program besar ini,” tuturnya.

    Menurut Staf Khusus Menkominfo, guna meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat agar lebih siap dalam perubahan dan tantangan digital, Kominfo menggunakan pendekatan komprehensif yang mencakup tiga tingkatan kecakapan digital.

    “Di level advanced atau tingkat lanjutan, program Digital Leadership Academy (DLA) diinisiasi untuk meningkatkan kapasitas pembuat kebijakan digital di sektor publik maupun privat. Program ini ditujukan untuk 300 leaders dan dilakukan secara daring, mengingat situasi pandemiCovid-19, dengan menggandeng pusat-pusat pengembangan ekosistem digital global,” jelasnya.

    Philip Gobang menyebutkan, di tingkat menengah (intermediate digital skill), terdapat program Digital Talent Scholarship (DTS) yang diadakan untuk memberikan pelatihan teknis bagi para angkatan kerja muda, lulusan baru, profesional, dan elemen masyarakat lainnya,

    “Sedangkan, di tingkat kecakapan digital yang dasar (basic digital skill), pengembangan literasi digital melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siber kreasi terus digencarkan agar dapat mencapai12,4juta masyarakat di tahun 2021 ini,” ujarnya.

    Berkaitan dengan ekonomi digital, Staf Khusus Menkominfo Philip Gobang menyatakan Kominfo berupaya untuk terus meningkat kapabilitas digital di sektor prioritas untuk mendorong produktivitas, pertumbuhan berbasis inovasi. “Kominfo melibatkan startup-startup besar, saat ini kita bisa berkolaborasi dengan tokopedia, blibli.com dan seterusnya yang sudah berkembang sedemikian rupa menjadi unicorn dan kita harapkan di masa yang akan datang muncul pula startup-startup dari Flobamora,” harapnya. 

    Amanat Presiden

    Road to Kilau Digital Permata Flobamora menjadi momentum untuk mendorong dan memberikan motivasi yang kuat bagi para pelaku UKM untuk terus maju dengan bersikap kreatif dan adaptif dengan kemajuan teknologi di masa pandemi.

    Philip Gobang berharap dampak positif tersebut dapat menyebar ke berbagai pelosok dan dapat memberi kesempatan pula bagi para pegiat UMKM untuk terlibat dalam kolaborasi besar dalam mengisi ekonomi digital Indonesia.

    “Dengan kehadiran dan keterlibatan dari Bank-Bank Pemerintah untuk menyediakan skema-skema pendanaan pada acara ini, menunjukkan dukungan mereka terhadap program Gerakan Bangga Buatan Indonesia. Ini, Saya kira peluang-peluang yang perlu dimanfaatkan sedemikian rupa untuk mendorong membangkitkan kesempatan-kesempatan kita dalam meningkatkan kesejahteraan secara sosial dan ekonomi,” jelasnya.

    Staf Khusus Menkominfo Philip Gobang menjelaskan, program-program tersebut selaras dengan amanat dari Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Kominfo dalam rangka mendorong percepatan akselerasi transformasi digital agar semua kebutuhan masyarakat bisa terlayani dengan baik. 

    Selain itu, Kementerian Kominfo juga berkomitmen untuk mengikis kesenjangan digital di seluruh tanah air dengan membangun infrastruktur telekomunikasi untuk wilayah 3T (terluar, tertinggal, dan terdepan). Bahkan, Menkominfo Johnny G. Plate mendorong agar semua program besar itu bisa dikerjakan dengan lebih cepat. 

    “Jadi, masyarakat di Flobamora NTT harus ikut ambil bagian dalam seluruh proses transformasi digital agar Indonesia juga bisa bertransformasi secara digital. Bukan tidak mungkin karena kemudahan akses internet secara bertahap mulai terus-menerus dibangun dan infrastruktur telekomunikasi sebagai infrastruktur prioritas nasional, sudah berkontribusi langsung pada pertumbuhan ekonomi nasional sehingga kita pada waktunya mulai bersiap dari sekarang untuk menuju ke target besar, langkah besar yang dicanangkan Bapak Presiden Joko Widodo dalam menyambut atau menyongsong masyarakat digital dan bangsa digital,” tandas Staf Khusus Philip. (hm.ys)

    Berita Terkait

    Buka Pelatihan DLA, Kominfo Siapkan 300 Kursi untuk Jadi Pemimpin Digital

    Program Pelatihan Digital Leadership Academy (DLA) telah dibuka sejak 19 Agustus 2021. Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan kes Selengkapnya

    Tingkatkan Pemahaman Pelindungan Data, Kominfo Gandeng UN-APCICT

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng United Nation - Asian and Pacific Training Centre for ICT for Development of the United N Selengkapnya

    Kembangkan Ekonomi Digital, Menkominfo Percepat Bangun Infrastruktur TIK

    Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya membangun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara merata di seluruh pe Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Lantik Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate melantik Usman Kansong, S.Sos, M.Si. sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi P Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA