FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 05-2021

    195

    Menkominfo Dampingi Menko Perekonomian Sambut Kedatangan Vaksin Covid-19 Tahap ke-13

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendampingi Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto, menyaksikan kedatangan tahap ke-13 Vaksin Covid-19 dengan jumlah  8 juta bulk, di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (25/05/2021).

    Dalam konferensi pers yang berlangsung usai kedatangan Vaksin Covid-19, selain Menkominfo, hadir pula  Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, dan Juru Bicara Satgas Covid-19. Wiku Adisasmito.

    Jumlah vaksin Sinovac yang tiba di Indonesia hari ini sebanyak 3 Juta dosis. Sementara vaksin Astrazeneca berjumlah 6,4 Juta dosis, dan Sinopharm 1 Juta dosis. Untuk bahan baku dalam bentuk jadi vaksin Sinovac berjumlah 8 Juta Bulk. Secara total, telah diterima sebanyak 83,9 juta dosis.

    Menteri Airlangga memaparkan, realisasi vaksin hingga saat ini berjumlah 24,9 juta dengan rincian tenaga kesehatan sudah 1,5 Juta dosis pertama dan dosis kedua terdapat 1,4 juta. Lansia dosis pertama 3,1 juta, dosis kedua 2,1 juta dan petugas publik vaksinasi dosis pertama 10,4 juta dan dosis kedua 6,5 juta dosis.

    "Untuk mencapai kekebalan imunitas, diperlukan 181,5 juta vaksin atau 70 persen penduduk Indonesia 181,5 juta penduduk. Pelaksanaan tentunya perlu kita tercepat dan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti aspek kedaerahan atau geospasial berdasarkan basis baik itu zona merah, orange, dan kegiatan perekonomian,” jelasnya.

    Menko Perekonomian Airlaingga mengatakan, Pemerintah juga memastikan ketersediaan stok vaksin terjaga agar pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Selain itu, lanjutnya, Pemerintah selalu memastikan faktor keamanan atau safety, mutu atau kualitas, dan khasiat ataupun efikasi. 

    Berkaitan dengan vaksin yang disediakan di Indonesia, Menko Perekonomian Airlangga menyatakan hal itu telah melalui proses evaluasi oleh Badan POM dan sudah mendapatkan perkembangan dari para ahli. “Sehingga tidak perlu ada keraguan bagi masyarakat dalam menerima vaksin,” ungkapnya.

    Selain, Menteri Johnny, turut mendampingi Menteri Airlannga,  Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono, dan Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. (hm.ys)

    Berita Terkait

    Menkominfo: Pemerintah Segerakan Vaksinasi Ibu Hamil

    Pemerintah memastikan ibu hamil mendapatkan proteksi lebih agar terhindar dari risiko terpapar dan kematian akibat COVID-19. Upaya tersebut Selengkapnya

    Menkominfo: Indikator Angka Kematian Covid-19 Tak Dihapus Tapi Dirapikan

    Pemerintah terus bekerja keras melakukan harmonisasi dan validasi data dari lapangan, terkait indikator yang digunakan untuk penilaian level Selengkapnya

    Menkominfo: Pandemi dan PPKM Jadi Pertimbangan Reviu Tahapan ASO

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menjelaskan kondisi pandemi Covid-19 yang cenderung meningkat dan kebijakan Pemberlakuan Selengkapnya

    Awas Disinformasi! Tingkat Kematian Orang Divaksin 6 Kali Lebih Besar Terinfeksi Covid-19 Varian Delta

    Beredar informasi melalui pesan berantai WhatsApp yang menyebutkan bahwa Stadion Maguwoharjo dan Mandala Krida Yogyakarta akan dijadikan rum Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA