FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 05-2021

    1147

    Awas Hoaks! Tautan Daftar Penerima BPUM Tahap 3 Tahun 2021

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo – Beredar konten narasi dalam media sosial Facebook berisi informasi bantuan tahap 3 seputar PKH dan Bansos. Dalam unggahan tersebut juga disematkan tautan atau link https://doa.ikhtisar.net/tahap-3-login-https.../2/. Konon ada juga narasi berupa doa agar dana bantuan segera cair.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan bahwa informasi itu hoaks. Faktanya, Kabag Humas Kemenkop UKM Anang Rachman mengatakan,bahwa belum ada pendaftaran dan pencairan BPUM tahap 3.

     "Saat ini masih tahap 2, usulannya masih sampai tanggal 28 Juni sesuai surat edaran deputi mikro ke dinas-dinas," jelas Anang. Adapun untuk pendaftaran BLT UMKM bukan dilakukan melalui link, tetapi diusulkan oleh pengusul yang ditunjuk Kemenkop UKM yaitu pertama, Dinas yang membidangi koperasi dan UKM. Kedua, Koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum. Dan ketiga, Kementerian/lembaga, perbankan, dan perusahaan pembiayaan lain yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

    Berikut laporan isu hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Minggu (23/05/2021):

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Bantuan BI Senilai Rp125 Juta untuk Pelaku UMKM

    Faktanya, klaim yang beredar tersebut adalah tidak benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Give Away DPKP Kota Bandung

    Pemerintah Kota Bandung mengimbau masyarakat agar tidak menanggapi dan berhati-hati terhadap akun yang mengatasnamakan DPKP Kota Bandung. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Antre Panjang di Pelabuhan Gilimanuk Awal April 2024

    Fakta dari akun Instagram resmi @poldabali klaim video antrean panjang itu hoaks. Selengkapnya

    Awas Hoaks! BI Tak Layani Penukaran Uang Baru Idulfitri Tahun Ini

    Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com, narasi soal BI tidak melayani penukaran uang baru untuk Idul Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA