FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 05-2021

    993

    Gejala Baru Mutasi Virus Covid-19? Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo – Beredar pesan berantai di media sosial WhatsApp yang menyebut virus Covid-19 yang sudah bermutasi memiliki gejala-gejala yang unik. Konon salah satu cirinya, tidak menimbulkan panas namun menyerang langsung ke paru-paru pasien. Bahkan disebutkan pula rapid test, swab antigen maupun swab PCR tidak dapat mendeteksi virus varian baru tersebut. Hanya LDCT (Low Dose CT Scan Paru) yang bisa mendeteksinya.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari Liputan6.com. Ternyata unggahan yang mengklaim ada gejala baru pada virus Covid-19 yang sudah bermutasi belum terbukti. Hal itu diungkapkan oleh dr. RA Adaninggar, SpPD. Menurtnya, ubelum ada bukti ilmiah terkait gejala baru pada virus Covid-19 yang sudah bermutasi.

    Adaninggar menyatakan virus Covid-19 memang telah bermutasi dan lebih menular tetapi gejalanya masih sama. "Hingga saat ini pun varian virus Covid-19 masih bisa terdeteksi PCR," jelasnya.

    Hal senada juga disampaikan dr. Muhamad Fajri Adda'i. Menurutnya, hingga kini belum ada di jurnal manapun terkait perbedaan gejala dari varian virus Covid-19. "Bukti ilmiah yang ada adalah varian-varian yang ada sekarang  memang lebih cepat menular atau bisa masuk sel lebih cepat," jelasnya.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Jumat (21/05/2021):

    Berita Terkait

    Ada Uang Baru Pecahan 1.0 Senilai Rp1 Juta? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta bahwa klaim itu salah. Selengkapnya

    Rachel Vennya Menjadi Duta Covid-19, Itu Hoaks!

    Dilansir dari news.detik.com, Juru Bicara Satgas Pusat Prof. drh. Wiku Bakti Bawono Adisasmito, M.Sc., PhD, dalam konferensi pers menyatakan Selengkapnya

    Ada Uang Koin 100 Ribu Tahun 2021? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika, menemukan informasi dari Direktur Komunikasi Bank Indonesia Junanto Herdia Selengkapnya

    Tidak Vaksin akan Muncul Imun Alami, Itu Hoaks!

    Dalam unggahan tersebut juga dikutip pernyataan penemu vaksin AstraZeneca, Prof. Dame Sarah Gilbert yang menyatakan tidak ada alasan untuk b Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA