FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 05-2021

    2381

    Tingkatkan Keselamatan, Kominfo Serahkan ISR Maritim ke Nelayan Batulicin

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Tanah Bumbu, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyerahkan Izin Stasiun Radio (ISR) Maritim kepada nelayan Batulicin. Kepala Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Banjarmasin, Mujiyo menjelaskan penyerahan ISR Maritim merupakan komitmen Direktorat Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo untuk meningkatkan keselamatan nelayan.

    "Fungsi radio komunikasi bisa digunakan sebagai sarana komunikasi marabahaya, komunikasi yang sifatnya urgen, misalnya kebocoran kapal ataupun komunikasi antarnelayan untuk informasi keadaan angin siklun/typoon, serta  komunikasi dengan stasiun radio pantai sehingga cepat mendapat pertolongan apabila mengalami musibah di laut," jelasnya di Banjarmasin, Jumat (21/05/2021).

    Menurut Mujiyo, penyerahan ISR Maritim secara langsung ini juga disertai dengan pemberian cindera mata kepada nelayan penerima ISR Maritim. "Diharapkan dapat menarik nelayan lain untuk mengurus ISR Maritim sebagai kelengkapan dokumen perijinan penggunaan frekuensi radio dan perangkat radio komunikasi untuk keselamatan pelayaran kapal-kapal nelayan," ungkapnya.

    Kepala Balmon Kelas II Banjarmasin menyatakan musibah ataupun kecelakaan kapal di laut  yang sering terjadi setidaknya ada tiga penyebab dominan yang mengakibatkan kapal-kapal nelayan mengalami kecelakaan di laut.

    "Pertama, kondisi cuaca yang tidak bagus menyebabkan gelombang tinggi. Kedua, masih adanya  penggunaan spektrum frekuensi radio yang tidak sesuai peruntukanya. Ketiga, karena kapal-kapal nelayan  belum dilengkapi peralatan komunikasi radio marabahaya yang sesuai dengan ketentuan," paparnya.

    Menurut Mujiyo, ketentuan terkait perangkat komunikasi kapal sendiri telah diatur dalam GMDSS (Global Maritime Distress and Safety System atau Sistem Keselamatan dan Kegentingan Maritim Global) sebagai  paket keselamatan yang disetujui secara internasional.

    "Sistem ini terdiri dari prosedur keselamatan berbagai jenis peralatan dan protokol komunikasi untuk meningkatkan keselamatan dan mempermudah saat menyelamatkan kapal, perahu, ataupun pesawat terbang yang mengalami kecelakaan," jelasnya.

    Kepala Balmon Kelas II Banjarmasin juga mengingatkan kepada para nelayan agar perangkat radio yang digunakan harus sesuai dengan peruntukan service maritime (tidak menggunakan perangkat amatir/allband), dan wajib memiliki sertifikasi resmi dari Kementerian Kominfo. 

    Penyerahan ISR Maritim dilakukan oleh Plt. Kasubbag TU, Sanusi kepada perwakilan nelayan di di Pelabuhan Perikanan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

    Kepala Balmon Kelas II Banjarmasin menegaskan penyerahan ISR Maritim merupakan bukti sinergitas disemua lini instansi pemerintah. "Karena Balmon Banjarmasi (Ditjen SDPPI) tidak bisa bekerja sendiri tanpa melibatkan instansi lain seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta pemangku kepentingan lainya," ujarnya.

    Oleh karena itu, Mujiyo mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada semua pihak yang telah bekerja sama dan bersinergi dalam penyelenggaraan pelayanan perijinan ISR Maritim. "Penerbitan ISR Maritim  ini merupakan yang kelima kalinya, sementara masih ada yang masih dalam proses," jelasnya.

    Saat ini, penerbitan ISR Maritim saat ini sudah dilakukan secara online. Nelayan Batulicin, Baharuddin menyatakan prosesnya pun mudah. "Prosesnya gratis tidak dipungut biaya," tegasnya.

    Oleh karena itu, Baharuddin mengajak nelayan lain  untuk mengurus dan mengajukan permohonan ISR Maritim guna melengkapi legalitas perijinan penggunaan fekuensi radio untuk komunikasi keselamatan pelayaran. "Mari mengurus dan mengajukan permohonan ISR Maritim guna melengkapi legalitas," ajaknya.

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    [Berita Foto] Kunjungan Kerja di Barcelona Berakhir, Menkominfo Kembali ke Tanah Air

    Menkominfo telah menyelesaikan beberapa agenda utama, di antaranya pertemuan dengan Sekretaris Jenderal International Telecommunication Unio Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA