FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 05-2021

    1129

    Mensos: Aplikasi e-Performance untuk Mengukur Kinerja ASN

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Sosial meluncurkan aplikasi e-Performance untuk mengukur kinerja dan capaian yang dihasilkan masing-masing aparatur sipil negara (ASN), serta memangkas birokrasi di bawah kementerian tersebut.

    Menteri Sosial Tri Rismaharini memastikan dengan adanya perangkat lunak tersebut, capaian dan kinerja ASN yang di instansinya mencapai hasil yang optimal serta dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

    "Nanti kita akan mudah mempertanggungjawabkan semuanya. Dari situ, sebulan ke depan saya bisa mengevaluasi apakah cukup pegawainya atau lebih, sehingga menjadi dasar untuk pembuatan kebijakan berikutnya," kata Mensos di Gedung Aneka Bhakti, Jakarta, Senin (10/05/2021).

    Mensos menguraikan, penerapan e-Performance secara teknis telah dia terapkan saat menjadi Wali Kota Surabaya sejak tahun 2011. "Dari sana, dia dapat memonitor kinerja para ASN di tingkat pemerintah kota," tuturnya.

    Adapun cara kerja dari perangkat lunak tersebut yakni ASN melakukan absensi dan melaporkan aktifitas kerja serta hasilnya melalui sistem elektronik terpadu tersebut. Tiap kegiatan yang telah dikerjakan akan menghasilkan bobot nilai yang bervariasi.

    ASN yang terbukti mencurangi waktu kerja ataupun tidak memiliki hasil kerja yang baik di Kemensos, akan dapat dimonitoring oleh Mensos secara langsung melalui perangkat lunak tersebut. Sebaliknya, ASN yang berprestasi akan cepat mendapat kenaikan pangkat secara digital.

    "Misalnya ada pegawai yang tidak pernah bermasalah, langsung SK (Surat Keputusan) kenaikan pangkat enggak usah diajukan, langsung aku teken dalam bentuk elektronik, kurang dari satu pekan," kata Mensos.

    Pembuatan perangkat lunak e-Performance tersebut dilakukan secara mandiri, dengan mendapat dukungan dari Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, jajaran Pemerintah Kota Surabaya dan Perguruan Tinggi Universitas Airlangga.

    Mensos juga mengharapkan ASN di Kemensos dapat mengembangkan kemampuan berorganisasi, komunikasi, serta koordinasi di tingkat lingkungan kerja.

    Berita Terkait

    Keamanan Siber Jadi Kunci Membangun Kota Cerdas IKN

    BSSN mencatat bahwa dalam tiga tahun terakhir, ancaman siber masih terus mengintai Indonesia, dimana sekitar 42—62% dilakukan oleh malware Selengkapnya

    Presiden Apresiasi Peran Apindo Tangani Stunting

    Presiden mengapresiasi Apindo yang turut berperan dalam penanganan stunting di Indonesia. Selengkapnya

    Presiden Apresiasi Penurunan Stunting di Provinsi Bengkulu

    Presiden menginginkan semua daerah dapat terus meningkatkan upaya dalam memberikan asupan gizi yang baik bagi masyarakat dengan melibatkan b Selengkapnya

    Sinergi dengan Lembaga Riset dan Asosiasi Petani untuk Kembangkan Industri Sawit

    Pemerintah juga berfokus pada pemanfaatan kelapa sawit sebagai bahan baku pengganti bahan bakar fosil yang kian menyusut jumlahnya. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA