FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 04-2021

    529

    Vaksinasi Saat Menstruasi Bisa Turunkan Imun? Awas Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Beredar konten unggahan di media sosial Facebook berisi klaim vaksinasi saat menstruasi bisa menurunkan kadar imun tubuh.

    Dalam unggahan itu tertulis, wanita di atas 18 tahun tidak disarankan untuk disuntik vaksin Corona karena bisa memberikan efek samping pada imun.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dimana dilansir dari laman Kumparan.com yang mengutip dari media India, the Quint, klaim yang beredar tersebut adalah salah.

    Seorang ahli ginekologi dari RS Namaha India, Munjaal Kapadia mengatakan, klaim tersebut merupakan mitos.  “Tidak ada dampak pada kekebalan (imun) bagi wanita yang disuntik vaksin Corona saat menstruasi,” tegasnya.

    Sementara itu senada dengan Ahli Ginekologi RS Namaha India, yang dikutip dari Kompas.com, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa vaksin tetap bisa dilaksanakan meskipun seseorang sedang datang bulan.

    "Saat ditanya bagaimana dengan mereka yang mengalami nyeri haid hebat, jika terdapat keluhan lain maka vaksinasi bisa ditunda,” ungkapnya.

    Meski demikian pihaknya menegaskan bahwa pada prinsipnya, seseorang yang tengah menstruasi tetap bisa disuntik vaksin.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Senin (26/04/2021):

    1. [HOAKS] Vaksinasi saat Menstruasi Bisa Turunkan Imun
    2. [HOAKS] Kapal Selam Hancur Dirudal Tiongkok
    3. [HOAKS] Begal Berkostum Pocong di Pandeglang
    4. [HOAKS] Akun Whatsapp Mengatasnamakan Ketua DPRD Jambi

    Berita Terkait

    KPU Tak Lagi Keluarkan Undangan Fisik untuk Pemilih? Itu Hoaks!

    Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan pesan berantai yang beredar yang menyebut KPU tidak memberikan undangan fisik untuk mencoblos adalah Selengkapnya

    Komputer Penyebar Konten Misinformasi Dinonaktifkan? Awas Hoaks!

    Tidak ditemukan pemberitaan dengan sumber kredibel mengenai penonaktifan komputer yang kerap menyebar konten antimainstream untuk mencegah s Selengkapnya

    Kontak Ponsel PLN Kota Depok? Awas Hoaks!

    PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat melalui akun Twitter resminya @pln_jabar, mengklarifikasi bahwa nomor pada Google Maps Kantor PLN Kota Selengkapnya

    Menteri Keuangan RI Resmi Mundur? Itu Hoaks!

    Video tersebut merupakan video lama saat Menteri Sri Mulyani menyampaikan salam perpisahan pada tahun 2010, ketika beliau mundur sebagai Men Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA