FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 04-2021

    93

    Vaksinasi Saat Menstruasi Bisa Turunkan Imun? Awas Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Beredar konten unggahan di media sosial Facebook berisi klaim vaksinasi saat menstruasi bisa menurunkan kadar imun tubuh.

    Dalam unggahan itu tertulis, wanita di atas 18 tahun tidak disarankan untuk disuntik vaksin Corona karena bisa memberikan efek samping pada imun.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dimana dilansir dari laman Kumparan.com yang mengutip dari media India, the Quint, klaim yang beredar tersebut adalah salah.

    Seorang ahli ginekologi dari RS Namaha India, Munjaal Kapadia mengatakan, klaim tersebut merupakan mitos.  “Tidak ada dampak pada kekebalan (imun) bagi wanita yang disuntik vaksin Corona saat menstruasi,” tegasnya.

    Sementara itu senada dengan Ahli Ginekologi RS Namaha India, yang dikutip dari Kompas.com, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa vaksin tetap bisa dilaksanakan meskipun seseorang sedang datang bulan.

    "Saat ditanya bagaimana dengan mereka yang mengalami nyeri haid hebat, jika terdapat keluhan lain maka vaksinasi bisa ditunda,” ungkapnya.

    Meski demikian pihaknya menegaskan bahwa pada prinsipnya, seseorang yang tengah menstruasi tetap bisa disuntik vaksin.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Senin (26/04/2021):

    1. [HOAKS] Vaksinasi saat Menstruasi Bisa Turunkan Imun
    2. [HOAKS] Kapal Selam Hancur Dirudal Tiongkok
    3. [HOAKS] Begal Berkostum Pocong di Pandeglang
    4. [HOAKS] Akun Whatsapp Mengatasnamakan Ketua DPRD Jambi

    Berita Terkait

    RS Langsung Positif Covid-19 untuk Pasien Batpil dan Meriang, Awas Hoaks!

    Beredar sebuah pesan berantai WhatsApp berisi informasi yang mengklaim rumah sakit akan memvonis positif Covid-19 bagi masyarakat yang berob Selengkapnya

    Ventilator Cukup Memadai dan Ivermectin Akan Diproduksi Massal, Awas Hoaks!

    Beredar unggahan di media sosial Facebook berisi narasi yang menyatakan Indonesia seharusnya tidak perlu melakukan lockdown selama 3 s.d. 4 Selengkapnya

    Awas Disinformasi Soal Buat Oksigen dengan Aerator Akuarium!

    Beredar unggahan video di media sosial Facebook yang memperlihatkan cara membuat oksigen bagi pasien Covid-19 dengan menggunakan aerator, al Selengkapnya

    Transmisi Data Cepat, Menteri Johnny Beri Gambaran Jaringan Backbone

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan Indonesia saat ini memiliki dua jaringan backbone yang melintas di kawasan Sel Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA