FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 03-2021

    5183

    Pemanfaatan Internet Ciptakan Ruang Kreatif dan Produktivitas

    Kategori Artikel | doni003

    Pandemi Covid-19 "memaksa" pertumbuhan jasa internet atau teknologi digital semakin pesat dari tahun sebelumnya. Peluang tersebut harus dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna informasi teknologi di Indonesia untuk mendorong kegiatan-kegiatan kreatif dan produktif di ruang digital.

    Sebelum pandemi melanda tanah air, jumlah pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya terus meningkat secara signifikan. Indonesia masuk sebagai peringkat keempat pemakai internet terbesar di dunia. Tercatat sampai 2020, jumlah total pengguna internet di tanah air telah mencapai 196,7 juta orang. Dipastikan pada 2022 menembus 200 juta.

    Di masa pandemi akibat kebijakan belajar dan bekerja dari rumah membuat lonjakan penggunaan platform digital sampai 433 persen. Termasuk lompatan pemanfaatan transaksi keuangan digital.

    "Tanpa disadari hal ini memunculkan adaptasi atau transformasi digital bagi masyarakat Indonesia berjalan lebih cepat," ujar Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Henry Subiakto, pada Webinar Merajut Nusantara: Optimalisasi Teknologi Digital di Masa Pandemi pada Jumat (19/3/2021). Webinar ini disiarkan secara virtual dari Langsa, Aceh Timur.

    Merujuk pada laporan e-Conomy SEA 2020 yang diterbitkan Google, Temasek, dan Bain & Company, awal November 2020, nilai ekonomi berbasis internet negara-negara di Asia Tenggara mencapai USD105 miliar atau sekira Rp1.470 triliun (kurs rupiah per dolar Rp14.000) pada 2020.

    Sebanyak USD44 miliar atau Rp616 triliun di antaranya disumbang Indonesia. Adapun nilai ekonomi digital di Indonesia diperkirakan tumbuh 11 persen dibandingkan tahun lalu, sementara Vietnam 16 persen. Proyeksi nilai ekonomi tersebut berdasarkan transaksi bruto (gross merchandise value/GMV) lima sektor, yakni e-commerce, berbagi tumpangan (ride-hailing), dan pesan-antar makanan, media digital, online travel, serta finansial.

    Peningkatan jumlah transaksi lewat e-commerce tidak terlepas dari kebijakan pemerintah dalam mendorong akseptasi digital kepada masyarakat, serta terus mengakselerasi perkembangan fintech dan digital banking. Kementerian Kominfo juga mendukung dengan kegiatan literasi digital, maupun terus memperkuat infrastruktur digital hingga ke pelosok wilayah terpencil maupun terluar.

    Dari catatan Bank Indonesia (BI), tidak hanya bisnis berbasis e-commerce yang meningkat. Penggunaan uang elektronik terjadi peningkatan penggunaan sebesar 32,3 persen atau setara Rp266 triliun pada tahun ini. Pada 2020, estimasi bank sentral itu menyebutkan penggunaan uang elektronik mencapai Rp201 triliun.

    Data-data tersebut menunjukkan, kata Profesor Henry Subiakto, Indonesia bukan saja sebagai pasar dari pemain digital, melainkan juga harus meningkatkan potensi sosial ekonominya. Penggunaan ruang digital dalam kegiatan produktif saat ini sudah dilakukan di kota-kota besar di tanah air seperti DKI Jakarta, Surabaya, dan Medan. Penduduk di kota tersebut memilih ruang digital dalam melakukan kegiatan dagang maupun jasa lainnya ketika wabah corona merebak setahun lalu hingga sekarang.

    Masyarakat Aceh tentu jangan mau ketinggalan. Henry mencontohkan, bagaimana produksi kopi Aceh Gayo bisa dikemas secara kekinian dan diramu dengan kualitas tinggi sehingga mampu menembus pasar negeri jiran, Singapura, Brunei, dan Malaysia atau bahkan dijual hingga ke Eropa dan Amerika Serikat. Peluang ini yang harus digarap benar. Mengisi platform e-commerce dengan produk dan layanan buatan dalam negeri.

    "Transformasi digital yang menjadi lebih cepat akibat adanya musibah Covid-19. Ternyata menjadi berkah positif yaitu naiknya penggunaan teknologi," ujar Guru Besar Komunikasi Unair tersebut.

    Narasumber lainnya, anggota Komisi I DPR Ilham Pangestu mengakui, dampak Covid-19 membuat ekonomi nasional melesu. Tapi di sisi lain, teknologi digital juga semakin memudahkan produsen untuk menjajakan produknya langsung ke masyarakat. Ini membuat transaksi digital melonjak. Peningkatan pesat ini terlihat pada konsumsi makanan-minuman, produk kesehatan, elektronik, maupun transaksi keuangan online.

    Satu hal, pada pembicara sepakat kegiatan produktif yang dilakukan melalui ruang digital oleh sebagian besar masyarakat Indonesia akan membuat dampak positif bagi perekonomian bangsa. Dengan begitu, pemulihan perekonomian dalam negeri dapat diraih dalam waktu yang relatif lebih cepat.

    BI pun sudah menyatakan optimistis tahun 2021 ini adalah tahun dari pemulihan ekonomi nasional. Ekonomi digital adalah salah satu kunci untuk mendorong pemulihan tersebut, selain pengendalian kasus kesehatannya. 

    sumber

    Berita Terkait

    Layanan Internet Cepat dan Merata untuk Masyarakat

    Jaringan BTS 4G diintegrasikan dengan operasional Satelit SATRIA-1 yang menjangkau seluruh wilayah Nusantara. Hal itu merupakan upaya pemeri Selengkapnya

    Menghadirkan Internet hingga Pelosok Negeri

    Sebanyak 9.113 BTS di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) menjadi tugas BAKTI untuk membangunnya. Sedangkan 3.435 desa sisanya di Selengkapnya

    Indonesia Tawarkan Internet Sehat dan Produktif di Forum G20

    Kesenjangan digital tidak hanya terkait dengan penyediaan infrastruktur digital, melainkan juga layanan dan keamanan digital. Selengkapnya

    Pemerataan Infrastruktur TIK Dukung Akselerasi Transformasi Digital

    Hingga 2021, Kementerian Kominfo telah melakukan penggelaran jaringan kabel serat optik lebih dari 359 ribu kilometer baik di darat dan di l Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA