FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 04-2021

    601

    Menteri Johnny Akan Luncurkan Modul Literasi Digital

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Menkominfo Johnny G. Plate saat tiba di acara peluncuran modul literasi digital di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/04/2021). - (AYH)

    Surabaya, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan 4 modul literasi digital. Peluncuran secara resmi dilakukan oleh Menkominfo Johnny G. Plate.

    Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Boni Pudjianto menyatakan modul itu diharapkan dapat menjadi referensi untuk meningkatkan partisipasi digital masyarakat, mendorong pengembangan ilmu pengetahuan masyarakat di bidang TIK dan digital, mendorong tingkat kecakapan transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi baru. 

    “Serta dapat memperkaya khasanah literasi digital Indonesia dan bermanfaat sebagai salah satu alat pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi masyarakat Indonesia dalam empat tahun dari sekarang, bahkan mungkin di masa mendatang,” tuturnya di Surabaya, Jumat (16/04/2021).

    Menurut Direktur Boni, literasi digital merupakan kunci apabila Indonesia ingin menjadi bagian dari digital nation. Ia menjelaskan setidaknya ada tiga pilar utama yang harus dipersiapkan untuk mencapai tujuan tersebut, meliputi pemerintah, ekonomi, dan masyarakat. “Ketiga bagian ini merupakan kerangka untuk nantinya seluruh komponen bangsa ini bertransformasi dan menuju Indonesia sebagai digital nation,” paparnya.

    Direktur Pemberdayaan Informatika menyebutkan literasi digital dapat menjadi alat yang efektif untuk membangun dan meningkatkan kapasitas kognitif masyarakat, dengan membekali orang dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi, membedakan, dan mengambil tindakan yang sesuai terhadap hoaks.

    “Mengapa ini bisa menjadi alat yang efektif? Sebab, kami punya program Literasi Digital. Kami membuat beberapa program yang dibagi menjadi dua. Program utama Siberkreasi Cakap Digital dan Kelas Inklusif Siberkreasi. Ada tiga tahap tingkat literasi, dasar, menengah dan lanjutan. Dalam bahasa Indonesia disebut Cakap Digital Dasar, Madya, dan Mahir. Selain itu, untuk kelas inklusif diperuntukkan bagi difabel, di daerah 3T Indonesia, dan lansia,” paparnya.

    Diluncurkan Menteri Johnny 

    Grand Launching 4 (empat) Modul Literasi Digital itu digelar secara daring dan luring, serta berlangsung secara bersamaan di lima kota sekaligus, yaitu Surabaya, Aceh, Tangerang Selatan, Lampung, dan Yogyakarta.

    Menkominfo Johnny G. Plate dijadwalkan menghadiri acara Launching 4 Modul Literasi Digital dari Surabaya, Jawa Timur.Dalam kunjungan ke Surabaya, Menteri Johnny didampingi Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan, Staf Khusus Menkominfo Bidang Digitalisasi dan SDM, Dedy Permadi; serta Plt. Kepala Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Surabaya, Hamzah Arifuddin

    Keempat modul literasi digital itu disusun oleh Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) dari berbagai perguruan tinggi Indonesia bersama dengan Tim Literasi Digital Kementerian Kominfo dan juga melibatkan para pegiat literasi digital GNLD Siberkreasi.

    Empat acuan dalam penyusunan kurikulum literasi digital meliputi: Digital Skills, Digital Safety, Digital Safety, dan Digital Culture. Sedangkan 3 (tiga) kerangka dalam menyusun program untuk komponen masyarakat, yaitu: Digital Society, Digital Economy, dan Digital Government.

    Untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai Modul Literasi Digital tersebut, masyarakat dapat mengikuti media sosial Kominfo melalui Twitter @kemkominfo, Facebook @kemkominfo, dan Instagram @kemenkominfo. (hm.ys)

    Berita Terkait

    Gubernur Jatim: Modul Literasi Digital Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

    Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengharapkan modul literasi digital menjadi referensi untuk meningkatkan partisipasi digital m Selengkapnya

    Implementasi 5G, Menteri Johnny: Layanan Berkualitas, Perluas Peluang Ekonomi Digital

    Pemerintah tengah melakukan berbagai upaya untuk implementasi layanan jaringan telekomunikasi 5G. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Selengkapnya

    Masuki Era Transformasi Digital, Dirjen Aptika: Pemerintah Lindungi Data Pribadi dan Perkuat Literasi Digital

    Pandemi Covid-19 telah memaksa Indonesia mempercepat adopsi teknologi digital. Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Ko Selengkapnya

    Menteri Johnny: Perpanjangan Peluncuran SATRIA 1 Hemat Biaya

    Pemerintah Indonesia berhasil mengajukan permohonan perpanjangan masa waktu penggunaan filing PSN-146E dalam Sidang Radio Regulation Board ( Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA