FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 04-2021

    1340

    Menkominfo: Infrastruktur TIK Terdampak Bencana Alam Akan Kembali Normal

    Kategori Berita Kominfo | Irso
    Menkominfo Johnny G. Plate saat meninjau vaksinasi yang digelar oleh XL Axiata di RSUI Depok, Senin (05/04/2021) - (AYH)

    Depok, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti Base Transceiver Station (BTS) di daerah terdampak bencana alam banjir dan hujan di Nusa Tenggara Timur akan kembali beroperasi. 

    “Langkah pertama tentu kita harus menghadirkan standby genset di sana untuk menghidupkan kembali infrastruktur telekomunikasinya, agar internet bisa beroperasi dan hidup kembali, pelayanan yang menggunakan telekomunikasi bisa berfungsi kembali,” ujarnya di Depok, Jawa Barat, Senin (05/04/2021).

    Menurut Menkominfo, kementerian dan lembaga terkait telah memastikan keadaan tanggap darurat segera dilakukan. “Dari hasil monitoring saya lihat memang infrastruktur telekomunikasi terdampak, karena bencana alam hujan dan banjir power supply-nya terganggu,” jelasnya.

    Dari ketersediaan layanan telekomunikasi dan perbaikan menara BTS, Menteri Johnny mengatakan infrastruktur yang dibangun oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo yang mengalami kendala itu akan segera ditangani.

    “Dan BTS yang dibangun oleh operator seluler yang saya juga yakini saat ini sedang melakukan koordinasi bagaimana segera untuk menghidupkan dan memfungsikan kembali infrastrukturnya, agar layanan telekomunikasi bisa berlangsung normal,” tandasnya.

    Berdasarkan informasi yang diterima, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir bersama jajaran Perusahaan Listrik Negara (PLN) sedang menyiapkan dan mengambil berbagai langkah-langkah koordinasi untuk menghadirkan dan menghidupkan kembali power supply untuk ketersediaan listrik di wilayah terdampak.

    Dalam kesempatan tersebut, Menkominfo menyampaikan duka cita atas musibah yang terjadi. “Kita tentu sangat bersedih dan berduka bahwa terjadi bencana alam di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terdampak luar biasa, korban nyawa, masyarakat yang akhirnya harus mengungsi mencari tempat-tempat penginapan sementara,” ujarnya.

    Menkominfo mengajak semua pihak untuk bersama-sama bahu-membahu membantu masyarakat terdampak bencana alam dan juga bencana kesehatan yang tengah berlangsung.

    “Sebagai bangsa kita tetap saling bersatu, saling memperkokoh, saling memperkuat dan bekerja bersama-sama untuk mengatasi bencana alam darurat dan bencana kesehatan secara bersama-sama,” imbuhnya.

    Berita Terkait

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Masyarakat Makin Produktif dengan Kemajuan Digital

    Kemajuan ekosistem digital yang sudah ada ini harus dijaga bersama oleh seluruh masyarakat dari kejahatan keuangan berbasis digital yang mak Selengkapnya

    [Berita Foto] Dialog Interaktif Merawat Wajah Beranda Lewat Penyiaran Berkualitas

    Penyelenggaraan peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-90 di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau dapat menambah semangat dan motivasi untuk meng Selengkapnya

    Ini Langkah Kominfo Dukung Implementasi UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

    Aplikasi untuk pelaporan diperlukan agar korban kasus kekerasan seksual bisa langsung melaporkan sendiri kejadian yang dialami. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA