FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 03-2021

    2351

    34 Startup Lolos Demo Day, Dirjen Aptika: Kenalkan Purwarupa Solusi Digital

    SIARAN PERS NO. 107/HM/KOMINFO/03/2021
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 107/HM/KOMINFO/03/2021

    Selasa, 30 Maret 2021

    Tentang

    34 Startup Lolos Demo Day, Dirjen Aptika: Kenalkan Purwarupa Solusi Digital  

    Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2020 telah berlangsung di 17 kota Indonesia tahun lalu. Lebih dari 8.780 calon startup founder telah bergabung dan 34 startup terpilih untuk mengikuti tahapan akhir Demo Day yang akan mengenalkan purwarupa solusi digital. 

    Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini merupakan upaya pemerintah untuk membuka peluang bagi siapapun yang memiliki ketertarikan untuk membuat solusi digital. 

    “Setelah melalui berbagai tahapan pembekalan wawasan startup dan penajaman ide dari solusi akan masalah yang ingin dipecahkan. Demo Day sendiri adalah acara yang diperuntukan kepada founder startup untuk mengenalkan purwarupa yang mereka bangun selama enam bulan terakhir,” jelasnya dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (30/03/2021).

    Pendaftaran untuk mengikuti Demo Day telah dibuka dari tanggal 3 Maret dan ditutup pada 14 Maret 2021 ini telah berhasil mendapatkan 166 pendaftar dari 17 kota penyelenggara Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

    Startup-startup yang telah melengkapi dokumen pendaftaran, kemudian dikurasi lagi oleh penggerak lokal hingga terpilih 34 startup yang diharapkan dapat mempresentasikan, mengenalkan, juga menunjukan lebih banyak inovasi yang dibawa oleh aplikasi dan platform mereka kepada masyarakat luas dengan live online booth yang akan tersedia di website Gerakan Nasional 1000 Startup Digital,” jelas Dirjen Semuel.

    Dalam Demo Day Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, startup founder diberikan kesempatan untuk dapat mempresentasikan produk kepada publik. Demo Day ini akan diisi oleh 34 startup terpilih yang telah menyelesaikan seluruh tahapan Ignition, Networking, Workshop, Hacksprint, Bootcamp, hingga lolos untuk mengikuti tahap Incubation pada penyelenggaraan program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di tahun 2019 s.d 2020.

    “Ketiga puluh empat startup ini kemudian akan dikurasi oleh dewan kurasi yang terdiri atas unsur Venture Capital, Pegiat Startup, dan tim Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yaitu Andreas Dymasius Sitorus selaku Senior Investment Associate Skystar Capital, Arung Sulthan selaku Investment Associate Alpha Momentum Indonesia, Leonika Sari selaku Founder & CEO Reblood, dan Anka Raharja selaku Subkoordinator Penyelenggaraan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Kementerian Kominfo serta Sebastian Alex Dharmawangsa selaku Program Director Gerakan Nasional 1000 Startup Digital,” papar Dirjen Aptika Kementerian Kominfo.

    Dirjen Semuel merinci, 34 startup yang akan menjadi bagian dari kegiatan Demo Day ini terdiri dari Teskarir dan Deon (Bali), MyDoctors dan Parakarsa Design Resources (Bandung), Kintis Indonesia (Batam), Doc Paws, Wilov, Tanidev, pabryk, dan LIRA (Jakarta), myECO, Dwi Sri Farm Tech, Haiwanita, Lapakninja, Be Play, dan LOVCA (Malang), Masukkerja, Gearberg, Ubitech, dan Roomansa (Yogyakarta), MosQu, Kode Koding, dan Agries (Surabaya), Freshria dan Pesen Air (Kupang), Carryfy (Makassar), Fotowall (Manado), ukelas dan nikahyuk (Mataram), eHaidro (Medan), sobatkonseling (Pekanbaru), manusiabiasa (Semarang), Momsku (Pontianak), serta Cycloop Outbound (Jayapura).

    “Selanjutnya, para dewan kurasi akan menentukan 10 startup terbaik yang akan diberikan kesempatan untuk melakukan live pitching di hadapan para dewan juri dan masyarakat luas,” jelasnya. 

    Kegiatan puncak Gerakan Nasional 1000 Startup Digital akan berlangsung selama satu hari pada Sabtu (17/04/2021) mendatang secara online. Sesi live pitching serta awarding tiga pemenang  dengan kategori Most Innovative, Most Marketable, dan Public Choice Award akan disiarkan secara live pada pukul 13:00 – 18:00 pada hari tersebut.

    Rangkaian kegiatan Demo Day ini nantinya dapat diakses oleh seluruh masyarakat dari mana saja yang mempunyai koneksi internet pada tautan 1000startupdigital.id/demoday. Untuk profil singkat 34 startup yang akan menjadi bagian dari kegiatan Demo Day dapat diunduh melalui lampiran berikut.

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 276/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Ajak Kolaborasi TBI Susun Regulasi AI

    Penyusunan regulasi mengenai AI memerlukan pertimbangan aspek fundamental unhtuk meminimalkan risiko pemanfaatan teknologi yang makin banyak Selengkapnya

    Siaran Pers No. 275/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Uji Coba Konektivitas Digital IKN, Kominfo Apresiasi Dukungan TBI

    TBI akan membuat studi mengenai kedaulatan dan keamana data berkaitan dengan penggunaan teknologi satelit. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 274/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Terima Tony Blair, Menkominfo Bahas Kerja Sama Percepatan Transformasi Digital

    Menkominfo mengharapkan kolaborasi dengan Tony Blair Institute for Global Change (TBI) akan terus berlanjut dalam mengimplementasikan Sistem Selengkapnya

    Siaran Pers No. 273/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Akselerasi Ekonomi Digital, Menkominfo Jajaki Peluang Kerja Sama Joint Lab

    Menurut Menkominfo, pembentukan Joint Lab diarahkan untuk akselerasi penerapan teknologi pada sistem pembayaran layanan keuangan, khususnya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA