FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 03-2021

    929

    Masker Covid-19 Khusus untuk Bayi? Itu Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Di jejaring media sosial beredar unggahan berupa gambar seorang bayi tampak menggunakan masker khusus yang diklaim sebagai masker untuk mencegah Covid-19.  Konon, gambar tersebut menuai banyak kritikan dari berbagai kalangan dan disebut sebagai upaya melumpuhkan pernapasan anak-anak.

    Hasil penelusuran fakta Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, gambar bayi menggunakan masker tersebut sama sekali tidak terkait dengan Covid-19.

    Fakta itu diperkuat dengan informasi yang dilansir dari reuters.com dan penelusuran gambar melalui google image, ditemukan gambar yang serupa pernah diunggah pada tahun 2018.

    Foto tersebut merupakan ilustrasi dari Nipple Dust Mask yang dirancang oleh Na Yeun Kim dan Jin Ho Chae yang merupakan pemenang platinum di Spark Design Awards tahun 2018.

    Nipple Dust Mask sendiri merupakan masker khusus yang dibuat untuk bayi dengan konsep empeng yang terbuat dari silikon untuk mencegah debu halus dan polusi yang bisa terhisap oleh bayi.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Sabtu (27/03/2021):

    [DISINFORMASI] Masker Covid-19 Khusus untuk Bayi

    [HOAKS] Vaksinasi Bagi Kelompok Non Lansia di Rumah Sakit Santo Borromeus Kota Bandung

    [HOAKS] Undangan Panggilan Tes Rekrutmen Umum PT PLN di Yogyakarta

    [HOAKS] Pesan WhatsApp Mengatasnamakan Wakil Bupati Indragiri Hilir

    Berita Terkait

    KPU Tak Lagi Keluarkan Undangan Fisik untuk Pemilih? Itu Hoaks!

    Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan pesan berantai yang beredar yang menyebut KPU tidak memberikan undangan fisik untuk mencoblos adalah Selengkapnya

    Menteri Keuangan RI Resmi Mundur? Itu Hoaks!

    Video tersebut merupakan video lama saat Menteri Sri Mulyani menyampaikan salam perpisahan pada tahun 2010, ketika beliau mundur sebagai Men Selengkapnya

    Vaksin Covid-19 AstraZeneca Hanya untuk Usia 30 Tahun ke Atas? Itu Hoaks!

    Konon, konten itu disertai narasi "Wadoooh malah membanggakan AstraZeneca. Yg di Inggris sana , HANYA disuntikan di usia 30 th ke atas. Tapi Selengkapnya

    Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina? Itu Disinformasi!

    Konon pemberangkatan pasukan TNI tersebut dikaitkan dengan perang yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA