FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 10-2013

    9653

    Peran Strategis Media Online Dalam Penyebaran Informasi

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Jakarta, Kominfo -  Direktur Pengelolaan Media Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Sadjan mengatakan,  peranan media online terutama Media Center dalam penyebaran informasi kepada publik hendaknya bersifat edukatif dan sekaligus memberitakan tentang aktivitas aparatur pemerintah daerah.

    Hal tersebut dikemukakan dalam acara Pembukaan Bimbingan Teknis Jurnalistik Media Online kepada petugas pengelola Media Center Wilayah Tengah di Solo 23-25 Oktober 2013.

    Bimtek Jurnalistik media online ini diikuti 71 peserta dari berbagai wilayah Indonesia Tengah. Peranan media online terutama media center yang telah didirikan diberbagai wilayah Indonesia dari Sabang hingga Merauke, hendaknya mampu memberikan kontribusi bagi pelayanan informasi kepada masyarakat yang bersifat edukatif dan informative," ujar Direktur PMP Sadjan.

    Menurut Sadjan, pengelola media center di daerah harus proaktif dalam mengumpulkan berbagai informasi yang dibutuhkan masyarakat, terutama berbagai kebijakan pemerintah daerah baik bidang ekonomi, politik dan budaya.

    "Kemajuan teknologi, mengakibatkan masyarakat terus menuntut kemudahan akan akses informasi baik dari pusat maupun daerah. Media center merupakan sarana yang paling tepat untuk penyebaran informasi kepada publik. Dengan demikian, pengelola media center harus memiliki kemampuan jurnalistik yang baik sehingga informasi yang disampaikan kepada publik mudah difahami dan bermanfaat buat mereka," tegas Sadjan.

    Bimtek jurnalistik online ini dilaksanakan selama 3 hari  dari 23 – 25 Oktober 2013, nara sumber berasal dari para pakar jurnalistik dan komunikasi  media nasional seperti Harian Kompas, Mingguan Tempo, Harian Bisnis Indonesia, LKBN Antara dan Info Publik Kominfo.(Rmg)

    Berita Terkait

    Perkuat Netralitas ASN Selama Pemilu 2024, Kominfo Gelar Sosialisasi

    Menurut Imam Suwandi, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat. Selengkapnya

    Truk Logistik Pemilu Terguling Tanpa Pengawal? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari artikel berita cekfakta.tempo.co, klaim narasi pada un Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Budi Arie Tinjau Penyedia Layanan Data Center

    Menkominfo meninjau salah satu perusahaan penyedia layanan data center. Selengkapnya

    Panji Gumilang Ditahan Aparat Kepolisian? Itu Disinformasi!

    Konon dalam keluku atau thumbnail video terdapat foto Panji Gumilang yang dibawa oleh aparat kepolisian dan mengenakan baju tahanan berwarna Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA