FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 03-2021

    330

    Komitmen Amankan Frekuensi Kebencanaan untuk Dukung Penanggulangan Bencana

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Pangkalpinang, Kominfo – Penggunaan frekuensi kebencanaan menjadi kunci dalam penanggulangan kejadian bencana. Melalui frekuensi radio yang terjaga mala pelaksanaan koordinasi dan informasi bisa terhimpun secara spesifik dan diketahui lebih jelas. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya melindungi frekuensi kebencanaan dari kemungkinan gangguan baik teknis maupun nonteknis.

    “Komitmen kami untuk memastikan jalur telekomunikasi kebencanaan dapat digunakan dengan baik, legal dan dilindungi dari berbagai kemungkinan, seperti hoaks dan lain-lain,” kata Direktur Pengendalian Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ditjen SDPPI, Sabirin Mochtar dalam Sosialisasi Frekuensi Radio Kebencanaan, di Sol Marina Hotel, Pangkalpinang, Bangka, Selasa (16/03/2021).

    D tempat yang sama, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah mengatakan pihaknya menyambut baik langkah responsif Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, melalui Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Pangkalpinang, melaksanakan sosialisasi yang bertema “Sinergi Menyatukan Visi, Sinergi Menyatukan Frekuensi, Wujud Upaya Bersama Siaga Terhadap Bencana”.

    “Kita ingin penanggulangan bencana terkoordinasi dengan baik. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Bangka Belitung harus memiliki frekuensi sendiri yang diketahui masyarakat, sehingga penanggulangan bencana menjadi lancar dan baik,” katanya.

    Sementara itu, Kepala Loka Monitor SFR Pangkalpinang M Helmi berharap kegiatan sosialisasi menjadi pintu masuk atau langkah awal sinergi stakeholder kebencanaan di Kepulauan Bangka Belitung. Ke depannya, dapat dirumuskan satu langkah strategis untuk melakukan komunikasi maupun hal-hal lain terkait kebencanaan secara kompleks dengan output yang lebih terkoordinasi.

    Sosialisasi Frekuensi Radio Kebencanaan menghadirkan empat narasumber, yaitu Kepala Diskominfo Kepulauan Babel Sudarman, Kepala Pelaksana BPBD Kepulauan Babel Mikron Antariksa, Koordinator Montib Spekfrekrad Direktorat Pengendalian SDPPI Andi Faisa Achmad dan Koordinator SOR Direktorat Operasi Sumber Daya Dodik Sudiyono.

    Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Loka Monitor SFR Pangkalpinang dan Diskominfo Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan diikuti seluruh stakeholder terkait, seperti Kepala Dinas terkait (BPBD, Dishub, Satpol PP, Dinas Sosial baik Provinsi maupun Kota/Kab), serta instansi vertikal terkait (TNI, Polri, BMKG, Air Nav, Opsel, dll). Tercatat 80 peserta hadir, baik melalui daring maupun luring dengan menjalankan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19.

    Berita Terkait

    Tiba di Surakarta, Menkominfo Awali Kunjungan untuk Rangkaian Peringatan Harsiarnas 2021

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memulai kunjungan kerja di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (31/03/2021). Setibanya di B Selengkapnya

    Kominfo Gencar Sebarluaskan Potensi Ekonomi Pengolahan Sampah

    Kementerian Komunikasi dan Informatika gencar menyebarluaskan informasi tentang memanfaatkan potensi ekonomi pada pengelolaan sampah melalui Selengkapnya

    Wasdal Frekuensi Tingkatkan Kepatuhan Pengguna

    Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Batam melakukan pengawasan dan pengendalian (Wasdal) spektrum frekuensi radio di kabupaten B Selengkapnya

    KPI Ingatkan Durasi Siaran Lokal 10% untuk Informasi Bencana

    Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengingatkan kembali seluruh lembaga penyiaran televisi induk jaringan agar memperhatikan durasi program si Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA