FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 03-2021

    1286

    Tingkatan Akuntabilitas dan Cegah Gratifikasi, Balmon Banjarmasin Audit Internal UNAR CAT

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Banjarmasin, Kominfo – Guna mencegah praktik gratifikasi dalam pelaksanaan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) Reguler Periode II Full Computer Asissted Test (CAT), Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Banjarmasin Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan audit internal.

    “Audit internal dilakukan untuk memastikan pelaksanaan UNAR sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan akuntabel,” kata Kepala Balmon Banjarmasin Mujiyo di Banjarmasin, Senin (15/03/2021).

    Dalam pelaksanaan UNAR yang berlangsung di Aula Kantor Balmon Banjarmasin, Mujiyo menyatakan dilakukan tiga komponen audit internal. Pertama, pemeriksaan administrasi untuk memastikan adanya SK Panitia UNAR Nomor 18 Tahun 2020 Tanggal 08 Januari 2020, sesuai Permen Kominfo Nomor 17 Tahun 2018.

    "Kemudian data Daftar Peserta,yaitu 29 orang yang terdaftar, hadir 27 dan dua tidak hadir. Ditandatanganinya Pakta Integritas oleh seluruh Panita Pelaksana UNAR. Dan, Status Pembayaran UNAR melalui host to host sudah dilakukan peserta," jelasnya.

    Komponen kedua, pemeriksaan lapangan untuk memastikan tidak adanya joki, pembocoran jawaban, hingga gratifikasi agar lulus ujian. Termasuk pula ketertiban pelaksanaan ujian dengan telah dilakukannya pembacaan tata tertib sebelum ujian, termasuk banner informasi Layanan Publik UNAR di lokasi ujian.

    "Ada juga audit Prosedur Pencegahan Penyebaran Covid-19, berupa pemeriksaan suhu tubuh, tindakan apabila ada peserta dengan suhu >=37,5 C yang tidak diperkenankan memasuki ruangan, tersedia hand sanitizer, penggunaan masker, physical distancing, dan informasi pencegahan penyebaran Covid-19 telah ada," jelas Kabalmon Banjarmasin.

    Komponen ketiga, audit internal meliputi penilaian untuk memastikan proses pemeriksaan hasil kegiatan tidak ada kesalahan, waktu pemeriksaan jawaban berbasis CAT satu hari selesai. Hasil internal audit telah menunjukkan kesesuaian dengan yang dipersyaratkan.

    Berkaitan dengan protokol kesehatan, panitia membatasi jumlah peserta UNAR, sehingga pelaksanaan periode kedua ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi I dimulai pukul 08:30 WITA dengan jumlah peserta 15 orang tingkat siaga. Sesi II pukul 14:00 WITA dengan jumlah peserta 12 orang, terdiri dari siaga 11, dan penggalang satu orang. Dari jumlah peserta terdaftar 29 orang, peserta hadir 27 serta dua peserta tidak hadir.

    "Panitia juga meminta semua peserta menjalankan Protokol Kesehatan dengan physical distancing, menggunakan masker, pengecekkan suhu tubuh serta penggunaan handsanitizer sebelum memasuki ruang ujian," ungkap Mujiyo.

    Sebelum ujian dimulai, Sub Koordinator Sarana dan Pelayanan Balmon Banjarmasin M Amin membekali peserta dengan tata cara penggunaan sistem CAT dengan fitur monitoring.

    Berdasarkan evaluasi dan penilaian, peserta bisa mengerjakan soal ujian dengan baik dan semua dinyatakan lulus. Mereka dapat langsung melihat nilai ujian dan mengunduh IAR digital pada hari yang sama.

    Akhir acara, dilakukan penandatanganan Berita Acara Hasil Evaluasi Pelaksanaan UNAR CAT antara Balmon Banjarmasin dan ORARI Daerah Kalimantan Selatan. Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Ketua ORARI Daerah Kalimantan Selatan.

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Jaga Kualitas Layanan Telekomunikasi, Kominfo Operasikan Pusat Monitoring

    Operasional PMT bertujuan untuk memastikan bahwa semua aspek pelayanan telekomunikasi, pos, dan penyiaran dapat berjalan baik sesuai dengan Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan Informasi Publik, Kominfo Gelar Bimtek PID

    Kominfo terus berusaha memfasilitasi dalam hal teknologi agar mendukung upaya peningkatan kualitas layanan informasi publik. Selengkapnya

    Tingkatkan Kecakapan Nelayan dan ABK Lewat Bimtek SOR

    Komunikasi yang baik dan benar memiliki manfaat bagi para nelayan dan melindungi pengguna frekuensi lain dari kemungkinan terjadi interferen Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA