FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 03-2021

    467

    Kolaborasi dengan Mitra Wujudkan Target Literasi Digital Seluruh Indonesia

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan literasi digital ke menjangkau seluruh kabupaten dan kota di Indonesia pada tahun 2024. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo bekerja sama dengan mitra kerja terkait.

    “Benar, hingga tahun 2024 kami bersama mitra kerja terkait akan melakukan literasi digital di 514 kabupaten/kota di Indonesia,” jelas Plt. Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo, Mariam Fatimah Barata dalam Webinar Literasi Digital Menuju Indonesia Digital Nation, dari Jakarta, Senin (15/03/2021).

    Indonesia sendiri memiliki 416 kabupaten dan 98 kota. Sedangkan dari segi jumlah peserta, Ditjen Aptika menargetkan 50 juta masyarakat Indonesia terliterasi.

    “Dalam melakukan literasi digital akan dilakukan bertahap, di tahun 2021 ditargetkan 12,5 juta masyarakat dahulu,” tandas Mariam.

    Mariam juga menjelaskan bahwa penggunaan internet saat ini begitu masif dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bahkan Presiden Jokowi telah memberikan arahan untuk mempercepat transformasi digital.

    “Oleh karenanya, literasi digital memegang peranan penting dalam perjalanan menuju Indonesia Digital Nation. Empat kurikulum literasi digital tersebut akan mendorong masyarakat untuk lebih cerdas menggunakan internet,” tuturnya.

    Pada kesempatan tersebut Mariam juga sempat membahas mengenai isu tingkat kesopanan warganet Indonesia yang menurut survei menjadi salah terburuk di Asia Tenggara. Menurutnya, hal itu harus menjadi instrospeksi bagi bangsa Indonesia untuk dapat terus meningkatkan kecakapan literasi digital.

    Teknologi digital baginya juga harus memiliki nilai tambah bagi masyarakat Indonesia. Sehingga teknologi bukan hanya untuk membagikan kesenangan, tapi juga mempunyai nilai-nilai positif untuk menjadi produktif.

    “Karenanya selain melakukan literasi digital, kami juga punya program bagaimana mendorong masyarakat Indonesia untuk berinovasi membuat startup digital yang dapat menjawab berbagai kebutuhan di era digital ini,” ucap Direktur Mariam.

    Pada akhir acara, Mariam berpesan agar masyarakat Indonesia dapat lebih bijak dalam memilih dan memilah informasi yang masuk. “Jangan hanya mendengar informasi yang ingin kita ketahui. Bukalah wawasan dan pikiran kita untuk membandingkan informasi dengan fakta yang ada,” pungkasnya.

    Sumber: aptika.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Menkominfo Ajak Ekspresikan Kemerdekaan Lewat Rumah Digital Indonesia

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak warga Indonesia mengekspresikan diri pada Peringatan Kemerdekaan ke-76 Tahun Rep Selengkapnya

    Kominfo Siapkan 5G Jadi Pendorong Lompatan Besar Inovasi Digital Indonesia

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mengembangkan jaringan telekomunikasi 5G secara komprehensif. Direktur Jenderal Sumber Daya dan Peran Selengkapnya

    Sosialisasi Monev, KI Dorong Badan Publik Wujudkan Keterbukaan Informasi

    Komisi Informasi Pusat (KI Pusat) melakukan sosialisasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap keterbukaan informasi publik. Menurut Komis Selengkapnya

    Ada 350 Ribu Masyarakat Hadiri Peluncuran Literasi Digital Nasional

    Sekitar 350 ribu masyarakat yang berasal dari berbagai daerah yang mengikuti peluncuran Program Literasi Digital Nasional oleh Presiden Joko Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA