FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 03-2021

    1194

    Kembangkan Potensi Industri Game, IGDX Kembali Digelar

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo – Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) akan kembali dihelat di tahun 2021 ini. Kolaborasi antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) itu ditargetkan bisa mengembangkan potensi industri game di Indonesia.

    “IGDX tahun ini akan melanjutkan kegiatan serupa yang pernah dilakukan pada tahun 2019. Kami akan fasilitasi para pelaku industri game untuk mengembangkan potensi yang ada,” jelas Koordinator Business Matchmaking Ditjen Aptika Kementerian Kominfo, Luat Sihombing dalam Webinar Daya Trik Industri Games dan Esport di era digital, Sabtu (13/03/2021).

    Pada tahun ini, lanjut Luat, IGDX akan ada tiga tahapan, yakni IGDX Accelerator, IGDX Conference, dan IGDX Business. “Pada IGDX Conference, kami akan undang para pembicara-pembicara global untuk bisa sharing tentang industri game,” ujarnya.

    Sedangkan untuk IGDX Accelerator, para game developer terpilih dari level early stage hingga level advance akan diberikan mentoring. Bimbingan diberikan selama tiga bulan oleh mentor-mentor global dan lokal yang telah berpengalaman di industri game.

    “Terakhir untuk IGDX Business, kami akan mempertemukan (business matchmaking) para game developer dengan berbagai investor dari luar negeri. Rencananya IGDX 2021 akan dilaksanakan pada bulan Oktober melalui mekanisme virtual,” tandas Luat.

    Selain melaksanakan IGDX, Ditjen Aptika juga melakukan sejumlah program lain untuk mengembangkan potensi industri game di Indonesia. Pada awal pandemi Covid-19, Aptika telah menggelar kompetisi membuat game yang bertemakan dengan Covid-19.

    “Kompetisi pembuatan game yang dilakukan cukup besar antusiasnya, terdata ada 100 karya yang di submit,” infonya.

    Ditjen Aptika juga mengadakan riset dan survei tentang tentang kondisi pelaku industri game di Indonesia. Seperti revenue dan market industri game Indonesia. Hasilnya sudah ada dan akan publikasikan tahun 2021.

    Riset dan survei tersebut dilakukan bersama dengan AGI dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Dari hasil riset tergambar bahwa dalam rentang tahun 2017-2019 pangsa pasar yang disasar pengembang game Indonesia semakin meningkat.

    “Mari dukung pelaku industri game Indonesia agar mereka bisa tumbuh dari pasar lokal. Ayo berikan mereka kesempatan untuk bisa menghasilkan produk-produk yang jauh lebih baik lagi,” pungkas Luat.

    Sementara itu, Anggota Komisi I DPR Rizki Natakusumah, mendukung apa yang telah dilakukan oleh Ditjen Aptika terkait pengembangan industri game di Indonesia. Namun ia menekankan bahwa pada prinsipnya pelindungan data pribadi harus tetap diperhatikan.

    “Isu terkait pelindungan data pribadi yang marak ialah bagaimana pemain-pemain e-sport atau gamers lainnya, diambil datanya dari permainan yang mereka mainkan. Semua pihak harus bisa memastikan dan bersama-sama menjaga keamanan para pelaku industri game Indonesia,” pesan Rizki.

    Webinar Daya Trik Industri Games dan Esport di era digital diselenggarakan oleh Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. Acara tersebut turut dihadiri oleh founder dan CEO GGWP.ID, Ricky Setiawan dan public figure Denis Adhyswara. 

    Berita Terkait

    Menteri Keuangan RI Resmi Mundur? Itu Hoaks!

    Video tersebut merupakan video lama saat Menteri Sri Mulyani menyampaikan salam perpisahan pada tahun 2010, ketika beliau mundur sebagai Men Selengkapnya

    Road to ISSS 2023, Kembangkan Industri IoT Smart House

    Kominfo mengundang pelaku usaha di bidang Internet of Things untuk mengembangkan layanan smart home, bulding, dan warehouse. Selengkapnya

    Perkembangan Sektor Swasta Berbasis TIK, Ibarat Stark Industries di Film Marvel

    Ajang ITF DEWG G20 diharapkan akan membawa inovasi pada perkembangan teknologi di dalam negeri. Karena, menampilkan kreativitas dari para pe Selengkapnya

    Menteri Johnny Akan Pimpin Pertemuan Menteri Ekonomi Digital G20

    Menteri Johnny juga menjadwalkan agenda pertemuan bilateral dengan negara anggota G20 sebelum pertemuan DEMM berlangsung. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA