FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 03-2021

    1055

    Vaksin Sinovac untuk Ayam? Awas Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Di media sosial Facebook beredar konten unggahan berupa tangkapan layar  dengan judul "Guru di Kota Tegal Meninggal Usai Divaksin Sinovac". Konon, dalam konten itu disebutkan vaksin Sinovac merupakan vaksin yang diperuntukkan bagi ayam.  Informasi itu juga mengklaim barcode vaksin asli ditukar dengan vaksin plasebo untuk menipu KIPI.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari Tempo.co, bahwa klaim vaksin Covid-19 Sinovac diperuntukkan bagi ayam, serta barcode aslinya ditukar adalah keliru.

    Faktanya, vaksin Sinovac ditujukan untuk memberi perlindungan terhadap manusia dari infeksi Covid-19.  Produksi vaksin Sinovac juga telah memenuhi standar pembuatan vaksin, yakni melalui uji coba terhadap binatang dan uji klinis terhadap manusia.

    Dengan demikian, penggunaan vaksin Sinovac di Indonesia bukan sebagai kelinci percobaan. Selain Indonesia, tiga negara lain yakni Turki, Brazil, dan Chili juga menggunakan vaksin Sinovac.

    Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Hinky Hindra Irawan Satari menyatakan penukaran kode vaksin Sinovac tidak sesederhana seperti pada klaim yang beredar tersebut.

    “Barcode vaksin melalui satu sistem yang sama sejak selesai diproduksi di Cina hingga disuntikkan kepada penerima vaksin,” ungkapnya.

    Menurut Ketua KIPI, sistem satu pintu ini diterapkan untuk memudahkan pelacakan dan distribusi serta mencegah tindakan pemalsuan terhadap sebuah vaksin.

    Berikut lapoaran isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Sabtu (13/03/2021):

    1. [DISINFORMASI] Vaksin Sinovac Sebenarnya Ditujukan untuk Ayam dan Barcode Aslinya Ditukar
    2. [HOAKS] Satgas Waspada Investasi (SWI) Menyiapkan Vtube Legal 100%
    3. [DISINFORMASI] Jalur Sepeda Motor di Jakarta
    4. [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Bupati Minahasa Selatan

    Berita Terkait

    Vaksin Covid-19 AstraZeneca Hanya untuk Usia 30 Tahun ke Atas? Itu Hoaks!

    Konon, konten itu disertai narasi "Wadoooh malah membanggakan AstraZeneca. Yg di Inggris sana , HANYA disuntikan di usia 30 th ke atas. Tapi Selengkapnya

    Bantuan untuk Gaza Dibuang di Mesir? Awas Hoaks!

    Faktanya video tersebut tidak ada kaitannya dengan bantuan untuk Gaza. Selengkapnya

    Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina? Itu Disinformasi!

    Konon pemberangkatan pasukan TNI tersebut dikaitkan dengan perang yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina. Selengkapnya

    Sejuta Ton Beras Sintetis Beracun Asal Cina Beredar di Bukittinggi, Awas Disinformasi!

    Barang yang dibongkar dari kapal adalah beras yang diimpor oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) dari Vietnam, bukan Cina. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA