FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 03-2021

    356

    Vaksin Sinovac untuk Ayam? Awas Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Di media sosial Facebook beredar konten unggahan berupa tangkapan layar  dengan judul "Guru di Kota Tegal Meninggal Usai Divaksin Sinovac". Konon, dalam konten itu disebutkan vaksin Sinovac merupakan vaksin yang diperuntukkan bagi ayam.  Informasi itu juga mengklaim barcode vaksin asli ditukar dengan vaksin plasebo untuk menipu KIPI.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari Tempo.co, bahwa klaim vaksin Covid-19 Sinovac diperuntukkan bagi ayam, serta barcode aslinya ditukar adalah keliru.

    Faktanya, vaksin Sinovac ditujukan untuk memberi perlindungan terhadap manusia dari infeksi Covid-19.  Produksi vaksin Sinovac juga telah memenuhi standar pembuatan vaksin, yakni melalui uji coba terhadap binatang dan uji klinis terhadap manusia.

    Dengan demikian, penggunaan vaksin Sinovac di Indonesia bukan sebagai kelinci percobaan. Selain Indonesia, tiga negara lain yakni Turki, Brazil, dan Chili juga menggunakan vaksin Sinovac.

    Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Hinky Hindra Irawan Satari menyatakan penukaran kode vaksin Sinovac tidak sesederhana seperti pada klaim yang beredar tersebut.

    “Barcode vaksin melalui satu sistem yang sama sejak selesai diproduksi di Cina hingga disuntikkan kepada penerima vaksin,” ungkapnya.

    Menurut Ketua KIPI, sistem satu pintu ini diterapkan untuk memudahkan pelacakan dan distribusi serta mencegah tindakan pemalsuan terhadap sebuah vaksin.

    Berikut lapoaran isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Sabtu (13/03/2021):

    1. [DISINFORMASI] Vaksin Sinovac Sebenarnya Ditujukan untuk Ayam dan Barcode Aslinya Ditukar
    2. [HOAKS] Satgas Waspada Investasi (SWI) Menyiapkan Vtube Legal 100%
    3. [DISINFORMASI] Jalur Sepeda Motor di Jakarta
    4. [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Bupati Minahasa Selatan

    Berita Terkait

    Politikus Australia Terkena Bell's Palsy Usai Divaksin Covid-19, Awas Disinformasi!

    Beredar konten foto di media sosial Instagram yang memperlihatkan politikus asal Australia, Victor Dominello dengan bagian mata kanan ditutu Selengkapnya

    Duka Cita untuk Mantan Anggota Dewas BAKTI Kominfo

    Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Anang Latief menyampaikan du Selengkapnya

    Video Gerhana Bulan di Kutub Utara? Awas Disinformasi!

    Beredar video di media sosial Facebook yang menampilkan gerakan bulan yang sangat cepat dan juga besar. Konon, video itu disertai narasi ger Selengkapnya

    Sayuran Berbahaya untuk Ibu Hamil? Awas Hoaks!

    Di media sosial Facebook, beredar konten unggahan berisi informasi tentang daun pepaya, lalapan mentah, pare, taoge dan kangkung yang dinyat Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA