FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 03-2021

    2293

    Sentra Vaksinasi Istora Senayan Terbuka untuk Semua Pemegang KTP, Itu Misinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo – Beredar pesan berantai WhatsApp yang menyebutkan Sentra Vaksinasi Covid-19 BUMN di Istora Senayan Jakarta terbuka untuk semua pemegang KTP. Bahkan ada pula keterangan yang menyebutkan, kegiatan vaksinasi ini bisa diikuti oleh selain lansia tanpa harus mendaftar dan dibuka selama 7 hari, termasuk Sabtu dan Minggu.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan klarifikasi Koordinator Program Management Office (PMO) Komunikasi Publik Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Arya Sinulingga. Menurutnya, Sentra Vaksinasi Covid-19 hanya untuk lansia dan pelayan publik BUMN yang sudah terkoordinir.

    "Kedua kelompok itu pun hanya bisa mendaftar sebagai peserta vaksinasi di Istora Senayan jika memiliki KTP DKI Jakarta," jelasnya.

    Staf Khusus Menteri BUMN itu menegaskan, Sentra Vaksinasi Covid-19 tidak diperuntukan untuk yang bukan pegawai publik dan non-lansia.

    Hal senada juga telah diklarifikasi langsung melalui akun resmi Instagram @sentravaksinasibersamabumn dalam story dijelaskan bahwa kabar tersebut adalah tidak benar. Sentra Vaksinasi Nasional hanya melayani lansia, pelayan publik (Frontliner BUMN), dan ber-KTP DKI Jakarta.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Rabu (10/03/2021):

    [MISINFORMASI] Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di Istora Senayan Terbuka untuk Semua Pemegang KTP

    [HOAKS] Rekrutmen Tenaga Kesehatan dan Non Kesehatan Dinkes Bojonegoro

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Bupati Purworejo

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Bantuan BI Senilai Rp125 Juta untuk Pelaku UMKM

    Faktanya, klaim yang beredar tersebut adalah tidak benar. Selengkapnya

    BI Beri Bansos Produktif untuk Pelaku UMKM, Itu Hoaks!

    Bank Indonesia menegaskan pihaknya bukan lembaga penyalur bansos produktif sebagaimana informasi yang beredar. Selengkapnya

    [Berita Foto] Ibu Dina Budi Arie Serahkan Santunan untuk Sivitas Kominfo

    Penyerahan santunan berupa paket sembako itu ditujukan untuk membantu petugas kebersihan dan penjaga keamanan di lingkungan Kementerian Komi Selengkapnya

    SE BI Tak Layani Tukar Uang Baru, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA