Seleksi Penyelenggara Multipleksing Siaran Televisi Digital Terestrial Tahun 2021
Untuk melaksanakan ketentuan Pasal 78 ayat (7), ayat (9), ayat (10) dan ayat (11) Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran, perlu dilakukan seleksi penyelenggara multipleksing siaran televisi digital terestrial.
Seleksi penyelenggara multipleksing siaran televisi digital terestrial bertujuan untuk menetapkan Lembaga Penyiaran Swasta sebagai penyelenggara multipleksing di 22 provinsi dalam rangka pembangunan infrastruktur multipleksing untuk persiapan penghentian siaran televisi analog.
Pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informatika telah menetapkan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 88 Tahun 2021 Tentang Pedoman Evaluasi Dan Seleksi Penyelenggara Multipleksing Siaran Digital Terestrial, serta Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 90 Tahun 2021 Tentang Tim Evaluasi dan Seleksi Penyelenggara Multipleksing Siaran Televisi Digital Terestrial.
Berdasarkan Keputusan Menteri tersebut diatas, Tim Evaluasi dan Seleksi Penyelenggara Multipleksing Siaran Televisi Digital Terestrial dengan ini mengumumkan:
(1) Seleksi Penyelenggara Multipleksing Siaran Televisi Digital Terestrial dinyatakan DIBUKA.
(2) Seleksi dilaksanakan pada objek seleksi yang terdiri dari 22 (dua puluh dua) wilayah layanan yang berada pada 22 (dua puluh dua) provinsi dengan rincian sebagai berikut:
No | Provinsi | Wilayah Layanan | Cakupan Kabupaten/Kota | Jumlah Penyelenggara Multipleksing yang dibutuhkan |
1 | Sumatera Barat | Sumatera Barat-1 |
| 2 |
2 | Riau | Riau -1 | 1. Kabupaten Kampar 2. Kota Pekanbaru | 2 |
3 | Jambi | Jambi-1 |
| 2 |
4 | Sumatera Selatan | Sumatera Selatan-1 |
| 2 |
5 | Bengkulu | Bengkulu-1 |
| 2 |
6 | Lampung | Lampung-1 |
| 3 |
7 | Kepulauan Bangka Belitung | Kepulauan Bangka Belitung-1 |
| 2 |
8 | Bali | Bali |
| 3 |
9 | Nusa Tenggara Barat | Nusa Tenggara Barat-1 |
| 2 |
10 | Nusa Tenggara Timur | Nusa Tenggara Timur-1 | 1. Kabupaten Kupang 2. Kota Kupang | 2 |
11 | Kalimantan Barat | Kalimantan Barat-1 | 1. Kabupaten Mempawah 2. Kabupaten Kubu Raya 3. Kota Pontianak | 2 |
12 | Kalimantan Tengah | Kalimantan Tengah-1 | 1. Kabupaten Pulang Pisau 2. Kota Palangkaraya
| 2 |
13 | Sulawesi Utara | Sulawesi Utara-1 |
| 2 |
14 | Sulawesi Tengah | Sulawesi Tengah-1 | 1. Kabupaten Sigi 2. Kota Palu | 2 |
15 | Sulawesi Selatan | Sulawesi Selatan-1 |
| 2 |
16 | Sulawesi Tenggara | Sulawesi Tenggara-1 |
| 2 |
17 | Gorontalo | Gorontalo-1 |
| 2 |
18 | Sulawesi Barat | Sulawesi Barat-1 | Kabupaten Mamuju
| 1 |
19 | Maluku | Maluku-1
| 1. Kabupaten Seram Bagian Barat 2. Kota Ambon | 2 |
20 | Maluku Utara | Maluku Utara- 1 |
| 1 |
21 | Papua | Papua-1 | 1. Kabupaten Jayapura 2. Kabupaten Keerom 3. Kota Jayapura | 2 |
22 | Papua Barat | Papua Barat-4 |
| 1 |
(3) Seleksi hanya dapat diikuti oleh Lembaga Penyiaran Swasta yang memegang Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) jasa penyiaran televisi yang masih berlaku efektif.
(4) Ketentuan lebih lanjut terkait dengan Seleksi dimaksud mengacu pada Dokumen Seleksi Lembaga Penyiaran Swasta sebagai penyelenggara multipleksing siaran televisi digital terestrial tahun 2021.
(5) Dokumen Seleksi berisi penjelasan waktu pelaksanaan, persyaratan, prosedur, formulir dan aspek-aspek lain yang berkaitan dengan Seleksi untuk dipatuhi oleh Peserta Seleksi.
(6) Pendaftaran sebagai peserta seleksi dan pengunduhan Dokumen Seleksi dapat dilakukan pada:
Hari, tanggal : Selasa, 9 Maret 2021 – Senin, 5 April 2021
Waktu : Pukul 09.00 – 14.00 WIB
Situs web : https://seleksimux.kominfo.go.id
(7) Pendaftaran sebagai peserta seleksi wajib menyertakan:
- mendaftar dengan menggunakan nama akun dan alamat email akun Sistem
- Informasi Manajemen Perizinan Penyelenggaraan Penyiaran (SIMP3);
- mengunggah salinan surat kuasa pengambilan Dokumen Seleksi dan perwakilan untuk menghadiri Rapat Pemberian Penjelasan (Aanwijzing) berkop perusahaan calon peserta Seleksi yang ditandatangani di atas meterai oleh direktur utama atau direktur yang diberikan kewenangan berdasarkan anggaran dasar perusahaan (maksimal 3 orang);
- mengunggah salinan halaman pertama IPP jasa penyiaran televisi yang masih berlaku efektif;
- menyampaikan alamat email resmi dan nomor kontak dari perwakilan perusahaan;
- mengunggah salinan kartu identitas (KTP atau SIM) pihak yang memberikan kuasa dan pihak yang diberikan kuasa; dan
- melakukan aktivasi akun pendaftaran melalui tautan konfirmasi yang dikirim panitia ke alamat email akun SIMP3.
Demikian disampaikan untuk menjadi perhatian.
Dikeluarkan di Jakarta pada tanggal 9 Maret 2021
Tim Evaluasi dan Seleksi Penyelenggara Multipleksing Siaran Televisi Digital Terestrial
Unduh pengumuman lengkap di sini
Jadwal dan Tahapan seleksi unduh di sini
Berita Terkait
Penetapan Pemenang Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2022
Setelah berakhirnya masa sanggah dan tidak adanya sanggahan yang masuk terhadap pengumuman hasil seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,1 G Selengkapnya