FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 03-2021

    693

    Waktu Siang Ramadan 2021 Lebih Panjang? Awas Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo -  Sebuah konten beredar lewat media sosial berisi bulan suci Ramadhan kali ini merupakan bulan puasa dengan waktu siang terpanjang dalam kurun waktu 33 tahun terakhir. Pesan itu juga menyebutkan Ramadhan tahun 2021 akan jatuh pada hari Jumat.

    Hasil penelusuran Tim AIS Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari Kompas.com, hal itu dibantah oleh Kepala Subdirektorat Hisab Rukyat dan Syariah Kementerian Agama (Keme ag), Ismail Fahmi.   “Kedua klaim informasi tersebut tidak benar,” tegasnya.   

    Ismail Fahmi menegaskan berdasarkan Taqwim Standar Indonesia, Ramadhan tahun ini akan jatuh pada pertengahan April 2021 dan kabar tanggal 1 Ramadhan jatuh pada hari Jumat adalah hoaks.

    “Klaim Ramadhan kali ini merupakan bulan puasa dengan waktu siang terpanjang dalam kurun 33 tahun terakhir, tidak benar. Waktu siang hari saat Ramadhan akan paling panjang jika Ramadhan terjadi pada Juni hingga Juli atau saat matahari berada di belahan bumi utara,” tandasnya. 

    Dijelaskan lagi oleh Ismail Fahmi bahwa hal itu hanya akan dialami oleh penduduk di wilayah belahan bumi utara, sementara tahun ini Ramadhan jatuh pada bulan April hingga Mei 2021.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi, dan disinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Jumat (05/03/2021):

    1. [DISINFORMASI] Empat Tenaga Kesehatan Indonesia Meninggal karena Vaksin Covid-19
    2. [HOAKS] Ramadhan Tahun 2021 Akan Menjadi Ramadhan dengan Waktu Siang Terpanjang dalam Kurun Waktu 33 Tahun Terakhir
    3. [DISINFORMASI] Penutupan Jalan di WKO Menjelang Putusan MK
    4. [HOAKS] Mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo Meninggal Dunia
    5. [HOAKS] Informasi Kerusakan Jembatan Kutai Kartanegara

    Berita Terkait

    Gempabumi Magnitudo 9,8 Guncang Labuan Bajo? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim yang beredar tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Serpihan Logam dalam Makanan Bayi? Awas Hoaks!

    Video tersebut beredar dengan narasi bahwa makanan bayi tersebut mengandung logam. Selengkapnya

    KPU Tak Lagi Keluarkan Undangan Fisik untuk Pemilih? Itu Hoaks!

    Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan pesan berantai yang beredar yang menyebut KPU tidak memberikan undangan fisik untuk mencoblos adalah Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA