FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 03-2021

    1392

    Perkuat Koordinasi dan Sinergitas Penanggulangan Karhutla

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Jakarta, Kominfo – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Moh. Mahfud MD menyampaikan arti penting penguatan koordinasi dan sinergitas dalam penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2021.

    Menko Polhukam menyampaikan Karhutla merupakan hal yang sudah terjadi sejak dahulu dan berulang setiap tahun di beberapa wilayah di Indonesia. Pemerintah juga berkomitmen untuk melaksanakan penanggulangan Karhutla sebagai wujud kehadiran negara bagi masyarakat.

    “Kebakaran hutan dan lahan memberikan dampak yang luar biasa di berbagai sektor baik kesehatan, ekonomi, pendidikan, transportasi, sosial hinggal politik,” jelas Menko Polhukam saat memberikan sambutan kunci dalam Sharing Knowledge Rakornas Penanggulangan Bencana tahun 2021 di Jakarta, Jumat (05/03/2021).

    Menko Mahfud mengungkapkan bahwa pada Januari 2021 telah terjadi 137 peristiwa Karhutla yang tersebar di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimatan Tengah, Sulawesi Tenggaran, dan Papua.

    “Kemenko Polhukam memiliki tugas untuk mengoordinasikan kebijakan penanggulangan Karhutla secara terencana, terpadu, dan menyeluruh. Mengoordinasikan dan mengendalikan K/L dalam upaya penanggulangan Karhutla, dan melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap penanggulangan Karhutla,” terangnya.

    Sesuai dengan pelaksanaan Inpres No. 3 tahun 2020, Kemenko Polhukam telah melaksanakan Rapat Koordinasi Khusus membahas Evaluasi dan Antisipasi Karhutla tahun 2021, Pemantauan dan Pengendalian di daerah rawan Karhutla, dan Kemenko Polhukam juga telah memberikan rekomendasi kebijakan dalam rangka penanggulangan Karhutla setiap tahun.

    Berita Terkait

    Indonesia Jajaki Peningkatan Kerja Sama Transformasi Digital dengan Australia

    Menteri Anas juga mengusulkan dua hal yang dapat ditempuh sebagai penguatan kolaborasi Indonesia-Australia. Selengkapnya

    Penyesuaian Gaji dan Pensiun Pokok ASN Mulai Maret 2024

    Penyesuaian gaji dan pensiun pokok ini merupakan penyesuaian yang dilaksanakan setelah melalui evaluasi berkala oleh Pemerintah. Selengkapnya

    Pemerintah Blokir 1.855 Situs Entitas Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal

    Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, ketahui terlebih dahulu profil dan legalitas pelaku usaha di bidang PBK dengan cara mengakses situs w Selengkapnya

    Apresiasi Capaian BPKH, Wapres Ingatkan Fokus Peningkatan Investasi

    Dana kelolaan BPKH dinilai cukup besar, dana tersebut harus dikelola dengan sebaik-baiknya karena setiap tahun dana tersebut digunakan untuk Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA