FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 02-2021

    973

    Lewat Seleksi Dewas, Menkominfo Berharap RRI Hadirkan Perspektif Baru

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Menteri Kominfo Johnny G. Plate usai Konferensi Pers virtual mengenai Pengumuman Hasil Seleksi Calon Anggota Dewas RRI, dari Ruang Media Center Kantor Kementerian Kominfo Jakarta, Jumat (19/02/2021). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengharapkan seleksi Calon Anggota Dewan Pengawas (Dewas) Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) periode 2021-2026 menjadi salah satu upaya yang mendorong RRI menghadirkan perspektif baru.

    “Ini semuanya kan butuh sekali informasi manajemen baru di Dewan Pengawas sesuai dengan tugas kewenangannya di era yang baru. Kelima belas nama tersebut tentunya sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh RRI dari berbagai tahapan proses yang sudah dilalui,” ujarnya usai Konferensi Pers virtual mengenai Pengumuman Hasil Seleksi Calon Anggota Dewas RRI, dari Ruang Media Center Kantor Kementerian Kominfo Jakarta, Jumat (19/02/2021).

    Menteri Kominfo berharap kehadiran Dewas RRI dengan perspektif yang baru dan modern, mempunyai visi dalam peta jalan sebagai Radio Global.  "Era transformasi digital Covid-19 dan era Post Covid-19, menuntut Indonesia membutuhkan tokoh-tokoh nasional yang nanti bisa menjadi Dewan Pengawas RRI di dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Salah satu yang perlu adalah RRI ini sekali di udara tetap di udara, dan RRI ini sudah berada tidak saja di dalam negeri, tetapi juga berada dalam jangkauan kerjanya di banyak wilayah di seluruh penjuru secara global di banyak tempat,” ungkapnya.

    Menyoal proses tahapan seleksi dari saat ini hingga nantinya menjadi lima orang terpilih, Menteri Johnny menyatakan sesuai peraturan perundang-undangan hal itu harus dilaporkan termasuk di dalamnya untuk dilakukan fit and proper test yang dilakukan oleh DPR RI.

    “Saya kira DPR RI, dalam hal ini Komisi I yang menjadi Mitra Kerja Kominfo dan RRI. Lalu, Presiden tentu akan mengirim itu ke DPR dan mereka pasti menyiapkan waktunya untuk melakukan proses itu segera,” jelasnya.

    Menanggapi pertanyaan terkait mengapa masyarakat diberikan kesempatan untuk memberikan masukan terhadap para calon Dewas RRI, Menteri Kominfo menegaskan masyarakat pasti menginginkan RRI yang Berjaya, Lembaga Penyiaran Publik (LPP) yang progresif, melihat ke depan, maju dan berjaya idak melihat kebelakang.

    “Jangan sampai selalu terjebak di dalam konflik-konflik yang tidak perlu. Itu tentu harapan masyarakat, yang seperti itu bagus, RRI tetap bertahan dan menjadi radio terdepan, menyampaikan berita berita-berita yang menjadi rujukan pemberitaan nasional dan RRI sebagai lembaga penyiaran publik yang harus menyuarakan kepentingan masyarakat, negara dan bangsa,” tuturnya.

    Menteri Johnny didampingi Sekjen Kementerian Kominfo Mira Tayyiba dan Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ahmad M. Ramli  mengumumkan 15 nama hasil kerja Panitia Seleksi Calon Anggota Dewas LPP-RRI periode 2021-2026. Seleksi dilakukan dengan akan berakhirnya masa kerja dewan pengawas Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) 2016-2021 pada 4 April 2021 mendatang. Kelima belas nama para calon itu terpilih setelah mengikuti seleksi administratif dan telah mengikuti proses seleksi lanjutan yang secara transparan dan akuntabel.(hm.ys)

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Tiba di Barcelona, Menkominfo Mulai Lawatan ke Spanyol

    Dalam lawatan ke Spanyol, Menteri Budi Arie akan menghadiri Mobile World Congress (MWC) 2024. Selengkapnya

    Capai 92 Persen, Kominfo Targetkan BBPPT Berkelas Dunia

    Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail menegaskan pembangunan akan rampung tahun ini dan menargetkan mendapat predikat World Class Testing Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    Jaga Kualitas Layanan Telekomunikasi, Kominfo Operasikan Pusat Monitoring

    Operasional PMT bertujuan untuk memastikan bahwa semua aspek pelayanan telekomunikasi, pos, dan penyiaran dapat berjalan baik sesuai dengan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA