FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 02-2021

    211

    Lewat Seleksi Dewas, Menkominfo Berharap RRI Hadirkan Perspektif Baru

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Menteri Kominfo Johnny G. Plate usai Konferensi Pers virtual mengenai Pengumuman Hasil Seleksi Calon Anggota Dewas RRI, dari Ruang Media Center Kantor Kementerian Kominfo Jakarta, Jumat (19/02/2021). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengharapkan seleksi Calon Anggota Dewan Pengawas (Dewas) Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) periode 2021-2026 menjadi salah satu upaya yang mendorong RRI menghadirkan perspektif baru.

    “Ini semuanya kan butuh sekali informasi manajemen baru di Dewan Pengawas sesuai dengan tugas kewenangannya di era yang baru. Kelima belas nama tersebut tentunya sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh RRI dari berbagai tahapan proses yang sudah dilalui,” ujarnya usai Konferensi Pers virtual mengenai Pengumuman Hasil Seleksi Calon Anggota Dewas RRI, dari Ruang Media Center Kantor Kementerian Kominfo Jakarta, Jumat (19/02/2021).

    Menteri Kominfo berharap kehadiran Dewas RRI dengan perspektif yang baru dan modern, mempunyai visi dalam peta jalan sebagai Radio Global.  "Era transformasi digital Covid-19 dan era Post Covid-19, menuntut Indonesia membutuhkan tokoh-tokoh nasional yang nanti bisa menjadi Dewan Pengawas RRI di dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Salah satu yang perlu adalah RRI ini sekali di udara tetap di udara, dan RRI ini sudah berada tidak saja di dalam negeri, tetapi juga berada dalam jangkauan kerjanya di banyak wilayah di seluruh penjuru secara global di banyak tempat,” ungkapnya.

    Menyoal proses tahapan seleksi dari saat ini hingga nantinya menjadi lima orang terpilih, Menteri Johnny menyatakan sesuai peraturan perundang-undangan hal itu harus dilaporkan termasuk di dalamnya untuk dilakukan fit and proper test yang dilakukan oleh DPR RI.

    “Saya kira DPR RI, dalam hal ini Komisi I yang menjadi Mitra Kerja Kominfo dan RRI. Lalu, Presiden tentu akan mengirim itu ke DPR dan mereka pasti menyiapkan waktunya untuk melakukan proses itu segera,” jelasnya.

    Menanggapi pertanyaan terkait mengapa masyarakat diberikan kesempatan untuk memberikan masukan terhadap para calon Dewas RRI, Menteri Kominfo menegaskan masyarakat pasti menginginkan RRI yang Berjaya, Lembaga Penyiaran Publik (LPP) yang progresif, melihat ke depan, maju dan berjaya idak melihat kebelakang.

    “Jangan sampai selalu terjebak di dalam konflik-konflik yang tidak perlu. Itu tentu harapan masyarakat, yang seperti itu bagus, RRI tetap bertahan dan menjadi radio terdepan, menyampaikan berita berita-berita yang menjadi rujukan pemberitaan nasional dan RRI sebagai lembaga penyiaran publik yang harus menyuarakan kepentingan masyarakat, negara dan bangsa,” tuturnya.

    Menteri Johnny didampingi Sekjen Kementerian Kominfo Mira Tayyiba dan Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ahmad M. Ramli  mengumumkan 15 nama hasil kerja Panitia Seleksi Calon Anggota Dewas LPP-RRI periode 2021-2026. Seleksi dilakukan dengan akan berakhirnya masa kerja dewan pengawas Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) 2016-2021 pada 4 April 2021 mendatang. Kelima belas nama para calon itu terpilih setelah mengikuti seleksi administratif dan telah mengikuti proses seleksi lanjutan yang secara transparan dan akuntabel.(hm.ys)

    Berita Terkait

    Untuk Efisiensi dan Pemerataan, Kominfo Bagi Tiga Lapisan Frekuensi 5G

    Kementerian Komunikasi dan Informatika membagi alokasi frekuensi untuk jaringan telekomunikasi seluler 5G ke dalam tiga lapisan (layer) tele Selengkapnya

    Sekjen Kominfo: Widyaiswara Jadi Penerus Pengembangan Kompetensi ASN

    “Widyaiswara merupakan jabatan fungsional yang mempunyai tanggung jawab dan wewenang untuk memdidik, mengajar dan melatih ASN pada lembaga Selengkapnya

    Tingkatkan Keselamatan, Kominfo Serahkan ISR Maritim ke Nelayan Batulicin

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menyerahkan Izin Stasiun Radio (ISR) Maritim kepada nelayan Batulicin. Kepala Balai Monitoring Spektr Selengkapnya

    Awali Implementasi 5G, Menkominfo: Kami Siapkan Pita 2,3 GHz dan Tata Kelola

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan pita frekuensi 2,3 GHz ditujukan untuk melengkapi kebutuhan teknologi 4G dan me Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA