FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 02-2021

    1514

    Dirjen IKP: Kemasan Produk UMKM Indonesia Jangan Kalah dengan Negara Lain

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo - Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus mampu mengemas produknya dengan menarik di ruang digital.  Sehingga, produknya dapat dilirik oleh banyak lapisan masyarakat yang menggunakan platform dagang daring.

    "Kita jangan sampai kalah dengan negara lain yang bagus mengemas produknya," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Widodo Muktiyo secara virtual dari Jakarta, Kamis (18/2/2021).

    Menurut Dirjen IKP, setiap produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM dapat dikemas dengan menarik. Baik secara fisik produk yang akan dijajakan melalui kanal daring maupun pengemasan produk yang tepat di kanal platform dagang daring.

    "Tata dagangnya harus dikemas dengan enak dan menarik sehingga publik mau membelinya," katanya.

    Menurut Dirjen Widodo, kebiasaan masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan melakukan transaksi secara daring di berbagai platform dagang daring. Terbukti, dengan adanya peningkatan signifikan terhadap  transaksi secara daring yang dilakukan masyarakat ketika pandemi.

    "Terjadi peningkatan jumlah transaksi daring pada saat ini," imbuhnya.

    Dirjen IKP menyatakan pembangunan jaringan telekomunikasi berkualitas secara masif yang dilakukan oleh pemerintah juga membuat segmentasi pembeli semakin meluas. Dengan begitu, produk yang dijajakan melalui kanal dagang daring dapat menjangkau penduduk yang tinggal di pelosok Nusantara.

    Hal di atas merupakan keuntungan yang harus dioptimalkan oleh para pelaku UMKM. Dengan cara, mengubah tata dagangnya menjadi lebih kekinian atau membuat produk yang dijajakan semakin berkualitas dari segei tampilan.

    "Ada market baru yang disebabkan oleh pembangunan telekomunikasi berkualitas secara masif yang dilakukan oleh pemerintah," katanya.

    Dirjen Widodo berharap, berbagai perbaikan terkait dengan tampilan produk secara fisik maupun tampilan daring dapat memperkuat kolaborasi dengan platform dagang daring. Dengan begitu, pelaku UMKM dalam negeri dapat cepat kembali bangkit dari dampak wabah global COVID-19.

    "Semua melakukan dagang secara online dimana bisnis baru bisa kolaborasi antara UMKM dan market place," pungkasnya.

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Oman Bantu Indonesia Usut Kecurangan Wasit Piala Asia 2023? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari situs turnbackhoax.id, video tersebut tidak sesuai ant Selengkapnya

    Dirjen PPI: Digitalisasi Penyiaran Peluang Lahirkan Konten Kreator Baru

    Digitalisasi penyiaran meningkatkan kualitas siaran yang diharapkan dapat mempertahankan kepemirsaan televisi di tengah pesatnya perkembanga Selengkapnya

    Awas Hoaks! Australia Sogok Indonesia dengan Senjata

    Ternyata klaim dalam video yang beredar tersebut adalah keliru. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA