FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 02-2021

    274

    Dirjen IKP: Kemasan Produk UMKM Indonesia Jangan Kalah dengan Negara Lain

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo - Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus mampu mengemas produknya dengan menarik di ruang digital.  Sehingga, produknya dapat dilirik oleh banyak lapisan masyarakat yang menggunakan platform dagang daring.

    "Kita jangan sampai kalah dengan negara lain yang bagus mengemas produknya," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Widodo Muktiyo secara virtual dari Jakarta, Kamis (18/2/2021).

    Menurut Dirjen IKP, setiap produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM dapat dikemas dengan menarik. Baik secara fisik produk yang akan dijajakan melalui kanal daring maupun pengemasan produk yang tepat di kanal platform dagang daring.

    "Tata dagangnya harus dikemas dengan enak dan menarik sehingga publik mau membelinya," katanya.

    Menurut Dirjen Widodo, kebiasaan masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan melakukan transaksi secara daring di berbagai platform dagang daring. Terbukti, dengan adanya peningkatan signifikan terhadap  transaksi secara daring yang dilakukan masyarakat ketika pandemi.

    "Terjadi peningkatan jumlah transaksi daring pada saat ini," imbuhnya.

    Dirjen IKP menyatakan pembangunan jaringan telekomunikasi berkualitas secara masif yang dilakukan oleh pemerintah juga membuat segmentasi pembeli semakin meluas. Dengan begitu, produk yang dijajakan melalui kanal dagang daring dapat menjangkau penduduk yang tinggal di pelosok Nusantara.

    Hal di atas merupakan keuntungan yang harus dioptimalkan oleh para pelaku UMKM. Dengan cara, mengubah tata dagangnya menjadi lebih kekinian atau membuat produk yang dijajakan semakin berkualitas dari segei tampilan.

    "Ada market baru yang disebabkan oleh pembangunan telekomunikasi berkualitas secara masif yang dilakukan oleh pemerintah," katanya.

    Dirjen Widodo berharap, berbagai perbaikan terkait dengan tampilan produk secara fisik maupun tampilan daring dapat memperkuat kolaborasi dengan platform dagang daring. Dengan begitu, pelaku UMKM dalam negeri dapat cepat kembali bangkit dari dampak wabah global COVID-19.

    "Semua melakukan dagang secara online dimana bisnis baru bisa kolaborasi antara UMKM dan market place," pungkasnya.

    Berita Terkait

    Plt Dirjen IKP: Memberantas Hoaks Jadi Tantangan ke Depan

    Menetralisir informasi yang tidak benar atau hoaks masih menjadi tantangan bagi Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementer Selengkapnya

    Apresiasi Indonesia Atas Indikator Pekerjaan dan Kecakapan Literasi Digital

    Sekretaris Jenderal Kementerian komuniaksi dan Informatika Mira Tayyiba mengapresiasi Kepresidenan Argentina yang memperkenalkan wacana peng Selengkapnya

    Dirjen IKP: Evaluasi Rutin Konten Agar Berdampak Positif

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo mengatakan, pada tahun 2021 akan mel Selengkapnya

    Dirjen Ingin Keterbukaan Jadi Budaya Kerja SDPPI

    Keterbukaan dan kejujuran diharapkan dapat diteruskan menjadi budaya dalam keseharian kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Sumber Daya da Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA