FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 02-2021

    3526

    [DISINFORMASI] Banyak Kematian di Israel Akibat Vaksin Covid-19

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang menyebut vaksin Pfizer BioNTech untuk Covid-19 telah menyebabkan reaksi yang fatal dan banyak kematian di Israel.

    Faktanya, klaim tersebut adalah keliru. Dilansir dari Reuter.com, pada 21 Januari 2021 lalu, 20 juta dosis vaksin Pfizer telah diberikan di seluruh dunia, dengan hanya beberapa efek samping dan tidak ada satupun kasus kematian. Sementara itu, Kementerian Kesehatan Israel telah mencatat efek samping pemberian vaksin yang sebagian besar bersifat ringan dan sementara, seperti nyeri di tempat suntikan atau sakit kepala. Terdapat beberapa kasus syok anafilaksis atau reaksi alergi yang parah tetapi dapat diobati. Namun tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. Adapun menurut Penasihat Strategis Ahli Imunisasi WHO, vaksin Pfizer BioNTech Covid-19 aman dan efektif, meskipun ada beberapa populasi yang tidak dianjurkan vaksinasi.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    -https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-israel/fact-check-no-evidence-that-the-vaccine-for-covid-19-caused-fatalities-in-israel-idUSKBN2AA2TS

    Berita Terkait

    [HOAKS] Jepang Resmi Melarang Vaksinasi Covid-19 Berbasis mRNA

    Selengkapnya

    [HOAKS] Dana Bantuan Kementerian Kesehatan untuk TKI

    Selengkapnya

    [HOAKS] Sulawesi Lenyap Tak Tertolong Akibat Banjir Bandang

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Google Tampilkan Hasil Elektabilitas Pemilu 2024

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA