FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 02-2021

    1120

    Awas Hoaks! Surat Pengangkatan CPNS dari Kementerian PANRB

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Beredar di media sosial surat yang berisi tentang Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Jalur Khusus T.A 2013/2014. Surat itu mengatasnamakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia.

    Bahkan dalam surat tersebut bernomor B/977/S.KP.01.00/2020 dan mencatut nama serta tanda tangan Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji.

    TIim AIS Kementerian Komunukasi dan Informatika melakukan penelusuran fakta dan ditemukan dari situs resmi menpan.go.id, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Andi Rahadian memastikan bahwa Kementerian PANRB tidak pernah mengeluarkan surat tersebut.  “Surat tersebut palsu dan tidak benar,” tegasnya.

    Andi Rahadian mengimbau agar seluruh informasi yang berhubungan dengan CPNS hanya bersumber dari laman www.menpan.go.id dan media sosial resmi Kementerian PANRB.

    “Jika terdapat pertanyaan terkait kebijakan perihal ASN, dapat langsung menghubungi Media Center Kementerian PANRB melalui nomor (+6221) 7398381-89 atau melalui email di halomenpan@menpan.go.id.,” pungkasnya.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo,  Rabu (17/02/2021):

    1. [DISINFORMASI] Virus Corona Dapat Menyebar Lewat Asap Rokok 
    2. [DISINFORMASI] Banyak Kematian di Israel Akibat Vaksin Covid-19
    3. [DISINFORMASI] Terowongan Tol Cisumdawu Diterjang Banjir 
    4. [HOAKS] Tautan Subsidi Pulsa dan Kuota Internet dari Kemendikbud 
    5. [HOAKS] Surat Pengangkatan CPNS Mengatasnamakan Kementerian PANRB
    6. [DISINFORMASI] Surat Edaran Wali Kota Kupang Melarang Shalat Berjamaah dan Shalat Jumat 
    7. [HOAKS] Menteri Agama Mengeluarkan SK Terkait Larangan Bahasa Arab
    8. [HOAKS] Dahlan Iskan Meninggal Dunia

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Video Tips Ketahui Tingkat Kejantanan Pria

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim dalam video tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Bantuan Dana Peserta BPJS Kesehatan

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata informasi bantuan dana Rp125 juta untuk peserta BP Selengkapnya

    Awas Hoaks! Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Berganti

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim dalam unggahan video tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Hasil Perolehan Sementara Pilpres 2024 Dapil Luar Negeri

    Hasyim Asyari menegaskan pemungutan suara di luar negeri memang dilakukan lebih awal, namun penghitungan suara di luar negeri dilakukan bers Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA