FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 02-2021

    143

    Dirjen SDPPI: Pejabat Fungsional Harus Berwawasan Global

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta, Kominfo – Pejabat Fungsional di lingkungan Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika harus memiliki wawasan global. Menurut Dirjen SDPPI Ismail, wawasan itu diperukan untuk menunjang kemahiran dan keterampilan teknis.

    “Peraturan-peraturan yang terkait dengan spektrum frekuensi radio sifatnya global, maka dari itu wawasan harus global juga,” kata Dirjen SDPPI dalam Pelantikan Pejabat Fungsional Pengendali Frekuensi Radio Tingkat Keahlian, Rabu (17/02/2021).

    Dirjen Ismail menjelaskan wawasan luas berguna untuk mengetahui secara keseluruhan pekerjaan yang dilakukan dan manfaatnya bagi kepentingan nasional, perkembangan ekonomi, keselamatan dan seterusnya. “Wawasan adalah bagian dari kemampuan untuk memadukan informasi dengan suatu masalah yang dihadapi,” jelasnya.

    Dirjen SDPPI mengingatkan secara umum tugas dan fungsi lembaga. Antara lain, mengelola spektrum frekuensi radio dari proses perencanaan, pemberian perizinan, koordinasi internasional, sampai pengawasan pengendalian. Semua harus dijalankan terpadu, memiliki keterhubungan antardirektorat.

    Seluruh pimpinan di lingkungan Ditjen SDPPI juga diingatkan agar proses pengembangan dapat dilanjutkan secara berkesinambungan. Jangan sampai dalam satu tahun tidak sempat meningkatkan kemampuan. Bekerja dan terus belajar dimaknai agar kemampuan terus berkembang, baik dari segi teknis maupun wawasan.

    “Tugas Setditjen SDPPI memberikan kesempatan kepada pejabat fungsional untuk terus belajar. Pekerjaan never ending, maka dari itu harus disiapkan waktu khusus dengan tetap mengikuti tata cara dan proses,” kata Ismail.

    Lebih lanjut, disampaikan pula bahwa seluruh Pejabat Fungsional yang ditempatkan di Balai Monitoring sifatnya satu kesatuan. Siapkan diri, mental, perencanaan keluarga dan sebagainya, karena suatu waktu akan bertukar tempat dalam proses tour of duty, baik yang bersifat promosi maupun sesuai kebutuhan nasional.

    Acara Pelantikan Pejabat Fungsional dilakukan secara daring dan luring di Gedung Sapta Pesona Lt 13. Dari 28 pegawai yang dilantik, dua yang hadir secara langsung, yakni Firos Fathul Alam dari Balai Monitor SFR Kelas I Bandung dan Nugraha J Adiwinata dari Balai Monitor SFR Kelas I Tangerang.

    Turut hadir pula, Sesditjen SDPPI Rd Susanto, Direktur Penataan Sumber Daya Denny Setiawan, Direktur Operasi Sumber Daya Dwi Handoko, Direktur Pengendalian SDPPI Sabirin Mochtar, Direktur Standardisasi PPI Mulyadi, serta sejumlah pejabat dan staf terkait.

    Berita Terkait

    Kominfo Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Hak Kekayaan Intelektual

    Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Selengkapnya

    Tekad Ditjen SDPPI untuk Perkuat Integritas Menuju WBBM

    Sebagai satuan kerja pertama yang mendapatkan Predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tahun 2019 Selengkapnya

    Dirjen Aptika: UU ITE Buat Ruang Digital Kondusif

    Pengaturan dalam Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dibutuhkan sebagai batasan pemanfaatan ruang dan platform digit Selengkapnya

    Dirjen Aptika: Semua PSE Harus Lakukan Pendaftaran

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mewajibkan pendaftaran untuk semua Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE), termasuk layanan komunikasi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA